728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

12 Februari 2011

Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Rusak) banyak dialami oleh para pengguna PC atau laptop. tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan masalah ini, dan akibat dari masalah ini mereke mengatasinya dengan cara menginstal ulang pc atau laptop mereka, hmmm. Masalah umum yang muncul bagi pengguna Windows ketika mencoba untuk menutup atau membuka folder dengan Windows Explorer adalah error aplikasi Exlorer.exe. Meskipun kesalahan ini sering dapat diperbaiki dengan menutup Windows Explorer dan kembali membuka aplikasi tambahan, ada sejumlah penyebab yang lebih serius yang dapat membuat kesalahan pada komputer Anda. Ini disebabkan oleh beberapa hal, termasuk sumber daya sistem, dan kesalahan Kernel System. berikut adalah tampilannya :

Penyebab hilangnya Explorer.exe :
  1. Sistem File rusak. Ini salah satu penyebab explorer hilang. Cara termudah untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer Anda. Untuk menjalankan Scandisk, buka icon [My Computer] pada desktop komputer Anda dan kemudian klik kanan ikon hard drive (biasanya “C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
  2. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe sejumlah resources. Ini biasanya karena komputer Anda memiliki terlalu banyak program yang aktif terbuka pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer Anda.
  3. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Ini paling sering saya temukan. Virus menghilangkan explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer Anda. Cara pencegahan terbaik untuk ini penyebab kesalahan adalah untuk menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer Anda. Jika saat ini komputer Anda masih akan terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus anda diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
  4. Aplikasi Komputer tidak kompatibel. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer Anda. Cara mudah untuk mengetahui apakah ini adalah penyebab masalah Anda, adalah jika Anda baru menginstall program komputer dan kemudian Anda mulai terjadi masalah. Jika itu terjadi, program tadi adalah penyebabnya.
  5. Program Software Apakah Lambat untuk Menanggapi. Explorer tidak hilang tetapi tidak berfungsi. Jika Anda memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.
Bagaimana Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Rusak)? tanpa harus instal ulang PC atau laptop? mari kita simak tutorialnya.
Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Rusak) :
  1. Tutup semua program yang aktif.
  2. Klik kanan My Computer —-> Pilih Properties.
  3. Pilih tab Advanced —> dibawah menu Performance klik tombol Setting
  4. Setelah keluar kotak dialog  box Performance Option lalu pilih tab Data Execution Prevention.
  5. Pilih Turn on DEP for all programs and services except those I select.
    Jika anda sudah melihat Windows Explorer klik checkbox Windows Explorer lalu pilih OK.
  6. Jika Windows Explorer belum terlihat klik tombol Add : lalu browse (pada umumnya windows explorer terletak pada C:\WINDOWS\explorer.exe) lalu jalankan langkah no.4
  7. setelah tombol OK di klik keluar dialog box yang menyatakan setting yang barusan kita lakukan akan memberi efek setelah komputer direstart.
  8. Klik OK lalu restart komputer anda.
Dengan cara di atas, sampai saat ini windows explorer saya dapat bekerja dengan normal tanpa error lagi.

------Semoga Bermanfaat------
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 komentar:

  1. makasihhhhhh.....gannnnn................

    BalasHapus
  2. Gan, netbook saya bermasalah ni pas di hidupkan keluar tampilan ( C:\window\system32\config\systemprofile\dekstop refers to a location that is unavailable. It could be on a hard drive on this computer, or on a network. Chek to make sure that the disk is properly inserted, or that you are connected to the internet or your network, and then try again. If it still cannot be located, the information might have been moved to a different location )
    dan program.2 yg ada di librari.nya hlang semua..

    gi mana cara memperbaiki'nya gan
    tlong bantuan'ya

    BalasHapus
  3. kl udah kayak gitu harus d instal ulang sob, coba pake cd/dvd room eksternal buat instal ulang, soalnya biasanya serial port usb juga ga kebaca

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, blogger indonesia "No SPAM" , komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Item Reviewed: Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Rusak) Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top