728x90 AdSpace

HEADLINE NEWS

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
11 Februari 2011

Pengertian Badsector adalah sektor pada disk drive komputer atau memori flash yang tidak dapat digunakan karena kerusakan permanen (atau ketidakmampuan OS untuk berhasil mengaksesnya), seperti kerusakan fisik pada permukaan disk atau gagal transistor memori flash. Hal ini biasanya dideteksi oleh perangkat lunak utilitas disk seperti CHKDSK atau Scandisk pada sistem Microsoft, atau blok buruk pada sistem Unix-like. Ketika ditemukan, program-program ini dapat menandakan sektor tidak dapat digunakan (semua sistem file berisi ketentuan untuk menandai sektor buruk) dan sistem operasi melewati mereka di masa depan.
Sekilas tentang pengertian bad sector diatas, namun yang akan saya paparkan adalah bagaimana cara mengatasi bad sector hardisk menggunakan tool MHDD.

Cara mengatasi bad sectro menggunakan tool MHDD :
  1. Pertama, boot PC (tanpa HDD) untuk mengubah setting HDD di BIOS. Dalam artian HDD yg bermasalah jangan didetek di BIOS (set IDE detection ke "None" di BIOS)
  2. HDD yang bermasalah harus dipasang di PC sebagai Primary Master. Boot PC dengan MHDD. Pilih HDD yang muncul pada saat MHDD mulai.
  3. JIKA TERJADI ERROR SAAT BOOT DAN MHDD tidak loading : shutdown lagi PC anda, lepas kabel power HDD yg bermasalah dan boot lagi. Setelah boot berhasil, pasang kabel power HDD anda.
  4. Tekan Shift+F2 untuk meng-initiate HDD anda yg bermasalah. Model dan firmware akan muncul di MHDD
  5. Setelah MHDD mengenali type HDD anda dengan tepat, tekan tombol F4 dua kali untuk mulai menganalisa sector HDD tsb.
  6. Jika proses scanning terganggu oleh informasi adanya bad sector dengan kode UNC, AMNF atau lainnya, anda dapat melewati area tersebut dengan menekan tombol panah kanan (->).
  7. Informasi adanya bad sector pada area tertentu akan dicatat oleh MHDD pada file mhdd.log
  8. Jika anda ingin mulai memperbaiki HDD ini, siapkan waktu luang yg cukup lama. Saya merekomendasikan proses ini dimulai pada malam hari saat akan tidur sehingga tidak menganggu aktifitas.
Untuk menghapus kode bad sector (UNC, AMNF, ABRT, T0NF) dengan menggunakan MHDD, kita dapat menggunakan perintah "erase"

Pada prompt MHDD>, ketikkan perintan "ERASE" sbb :

MHDD>erase
Start LBA = 0
End LBA = disesuaikan dengan informasi LBA maksimum yg tercantum pada bagian atas MHDD.

Ada cara lain melakukan proses erase pada HDD, yaitu menggunakan "fast erase"
Fast Erase/Quick Erase menggunakan ATA Security module (jadi dengan konsep HDD memeriksa firmware secara internal dan melakukan erase di SErvice Area - mirip prosedur SelfScan). Untuk melakukan proses fast erase, diperlukan user password.
Caranya :

MHDD>PWD
MHDD ATA Security Password, this will lock the HDD with user or master password
User Password (0) or Master Password (1)
Please choose :

Isikan pilihan dengan angka 0 (user password)
lalu ketikkan password yang anda inginkan misalnya A

Please choose : 0
Enter user password : A

Tekan enter

Drive locked with ATA password.

MHDD>fasterase
Enter user (0) or master (1) password : 0
Enter password : A
Fast Erase started, wait until Busy Flag fails.

Sekarang MHDD akan melakukan Fast Erase terhadap HDD kita. Jika sudah selesai lambang "BSY" yang sibuk di pojok kanan atas akan berhenti.

Jika telah selesai melakukan Fast Erase, kita tidak dapat melakukan apapun terhadap HDD ini, kecuali membuka password user yang telah kita pasang.

MHDD>DISPWD
Enter user (0) or master (1) password : 0
Enter password : A

Enter sekali lagi

Done

Setelah password di-disable, maka HDD dapat di f-disk maupun diformat.

Diagnosis setelah proses erase dimulai :
Kalau bad ada di area 0-765 dan terjadi hang saat erase function, berarti Head mengalami error (Seagate Family). Tidak mungkin diperbaiki hanya dengan MHDD.
Kalau setelah erase dan remap, bad masih bandel dan tidak hilang juga, anda bisa gunakan F4+ erase 256 sector.

Jika Bad sector ditemukan pada bagian akhir LBA HDD :
Jika ingin memotong kapasitas HDD anda, anda menggunakan perintah HPA :
HPA (Host Protected Area) hanya bisa memotong LBA dari mulai 0 (null) sampai batas LBA terakhir sebelum ada kerusakan sector.

Jadi misalkan kita memiliki HDD 40 GB Maxtor dengan kapasitas asli LBA 80,293,248 dan memiliki sector yang rusak di area setelah 69,000,000, maka kita dapat memotongnya dengan perintah HPA :

MHDD>HPA
Enter new LBA : 69,999,999

Begitulah kurang lebih penjelasannya.

HPA tidak dapat digunakan kalau untuk memotong HDD dengan bad yang acak:
Misalnya HDD seperti contoh di atas juga, tapi dengan sector yang rusak di area 0-10,000 lalu berlanjut di 1,000,000-5,000,000 dan terakhir di 79,000,000 - 80,293,248.

Teknik pemotongan dengan kondisi seperti ini hanya mungkin menggunakan hardware HRT (HDD Repair Tools) PC 3000 LBA editor dan lainnya.

Untuk menghadapi hard disk yang sehat 100% namun menolak saat instalasi OS (Windows dan lainnya) gunakan perintah sbb :
MHDD>ClearMBR
lalu restart PC anda. MHDD bisa anda download di sini, setelah di download file .ISO nya tinggal di burning ke CD.
Asrizal Wahdan Wilsa

Memulai Blogging sejak tahun 2009 hingga sekarang. Aktif di bidang musik yang dinaungi salah satu label musik di Kota Bandung. Saat ini fokus melanjutkan kuliah ke jenjang S2 di Universitas Negeri Semarang (UNNES). Website: Sharing Media - Info Tips dan Trik Terbaru

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak, relevan dengan artikel, blogger indonesia "No SPAM" , komentar spam dan promosi akan kami hapus, terimakasih.

Item Reviewed: Pengertian Bad Sector dan Cara Mengatasi Bad Sector Hardisk Description: Rating: 5 Reviewed By: Asrizal Wahdan Wilsa
Scroll to Top