Phet (simulasi fisika) - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media Phet (simulasi fisika)

Post Top Ad

Phet (simulasi fisika)

Share This


Simulasi interaktif ini sangat menarik sekali dan saya sangat merekomendasikannya kepada sahabat fisika, karena sangat asyik, mudah, dan menyenangkan sekali. Pokoknya sahabat harus memilikinya.

PhET (Physics Education Technology) ialah sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika dan kimia yang gratis untuk di download untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu.

Simulasi yang disediakan PhET sangat interaktif yang mengajak siswa untuk belajar dengan cara mengeksplorasi secara langsung. Simulasi PhET ini membuat suatu animasi fisika yang abstrak atau tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, seperti : atom, elektron, foton, dan medan magnet. Interaksi yang dilakukan berupa menekan tombol, menggeser benda atau memasukkan suatu data. Kemudian saat itu juga akibat dari interaksi yang dilakukan akan segera terlihat.

Untuk eksplorasi secara kuantitatif, simulasi PhET ini memiliki alat-alat ukur di dalamnya seperti penggaris, stop-watch, voltmeter, dan termometer. Sahabat tinggal memakainya untuk mengukur suatu besaran. Hebat bukan? Benar-benar seperti memiliki laboratorium fisika sendiri, namun yang kita miliki ialah laboratorium virtual.

Simulasi PhET ini sendiri mudah digunakan, selain online langsung, sahabat pun dapat mengguanakannya secara offline di rumah. Dengan syarat di komputer sahabat mempunyai program Java dan Flash. Tetapi, sahabat tidak perlu bingung apabila tidak memiliki software tersebut karena di PhET sendiri menyediakan download paket simulasi + Java + flash.

Jika sahabat sudah tidak sabar lagi ingin mencobanya dapat men-klik di bawah ini :



Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi PhET.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages