Notification

×

Memahami Pentingnya SEO Untuk Blog dan Web Anda

03 September 2010 | 06:31 WIB Last Updated 2021-09-11T15:24:40Z
Memahami Pentingnya SEO Untuk Blog dan Web Anda dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan optimasi SEO, membuat konten yang berkualitas, atau otak-atik blog anda agar seo friendly. banyak hal yang mendukung agar SEO blog atau web  anda berhasil, salah satunya adalah mengoptimalkan meta tag atau menggunakan template SEO friendly yang banyak beredar di internet. cara ini merupakan cara simple yang efektif guna mengoptimalkan SEO web atau blog anda.
Sobat semua, memahami pentingnya SEO untuk web atau blog memang tidak ada habisnya, berbagai tutorial, teknik dan strategi SEO memang banyak sekali yang memaparkan, saya sendiri masih belajar SEO dan berusaha optimasi blog ini agar SEO friendly. tentu sobat semua sudah mengetahui keuntungan dari SEO sendiri, yang intinya adalah mengoptimalkan posisi web atau blog di search engine dan mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. dengan menerapkan sistem White Hat SEO yang berpandangan bahwa konten adalah raja, maka SEO yang anda bangun akan konstan berada dalam serp sesuai dengan keyword yang anda gunakan. namun jangan sesekali menggunakan teknik Black Hat SEO yang tidak berarti apa-apa untuk pengunjung/pengakses blog atau web anda.
Jika anda tidak memiliki pandangan sama sekali tentang praktek SEO maka anda harus memahami bahwa SEO (Search Engine Optimization) sebenarnya lebih dari sekedar teknik untuk meningkatkan lalu lintas ke  situs anda. Pada dasarnya SEO merupakan ilmu, yaitu ilmu pengetahuan yang paling penting dan efektif di internet.
Tentu saja, SEO bukan satu-satunya solusi untuk mendapatkan berton-ton lalu lintas ke situs Anda, tapi tanpa diragukan lagi, SEO adalah yang paling efektif. Mengapa saya berani berbicara demikian? Mari.kita ambil contoh: misalnya anda mendapatkan lalu lintas dari sebuah situs web dengan konten yang terkait dengan Anda. Lalu lintas yang berasal dari situs web tersebut menunjuk ke impression dari postingan Anda. Bisa jadi pengunjung yang datang ke situs anda itu menyukai artikel anda, atau mungkin sebaliknya sehingga pengguna mungkin akan kembali ke situs Anda atau mungkin juga tidak. Tetapi anda sudah mendapatkan impression dari situs yang menge-link ke situs anda.
Hal yang cukup berbeda dengan SEO adalah SEO akan membantu Anda untuk membangun lalu lintas tumbuh secara konstan dan juga dapat membantu anda untuk mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari pengunjung situs Anda. Mendapatkan kepercayaan sangat penting karena hal itu merupakan salah satu yang akan membantu Anda untuk membangun sebuah komunitas nyata , sebagai hasil dari usaha anda untuk mendapatkan kepercayaan, anda akan mendapatkan pengunjung yang juga berlangganan RSS anda, pengikut Twitter atau bahkan orang-orang yang tertarik membeli produk dari anda atau hanya tertarik pada informasi atau jasa yang Anda tawarkan. Hal yang ingin saya tekankan disini adalah “Kepercayaan pengunjung akan situs anda adalah hal yang sangat penting”
1. SEO Traffic akan membantu anda untuk mendapatkan uang lebih banyak dari blog anda
Untuk publisher yang menggunakan program Afiliasi atau program PPC (Pay Per Click), itu terbukti secara ilmiah bahwa lalu lintas yang berasal dari mesin pencari lebih cenderung mengklik Iklan Anda daripada sumber lalu lintas yang lain. Karena pengunjung yang datang dari Search Engine, dia pasti sedang mencari sesuatu yang sangat penting menurutnya, dan ketika ada iklan yang sesuai dengan yang dia cari, maka kemungkinannya sangat tinggi untuk dia mengeklik iklan yang dipasang di blog kita.
2. SEO Traffic akan membantu anda untuk membangun sebuah komunitas
Seperti yang saya katakan sebelumnya, lalu lintas yang berasal dari metode SEO adalah hampir bisa dikatakan permanen karena pengunjung merasakan kalau mereka berada di suatu tempat yang memang cocok dengan selera mereka, yaitu situs Anda.
3. Anda akan mendapatkan Pembaca RSS , pengikut di twitter, Facebook fans yang lebih banyak untuk halaman situs Web Anda
SEO article adalah salah satu yang membangun kredibilitas dan kepercayaan untuk situs anda, dan biasanya sebagai tanda menghormati situs anda, pengguna akan mengikuti Anda di twitter, berlangganan RSS feed dan tentu saja mereka akan mengetahui bahwa di website Anda, mereka akan menemukan informasi yang mereka butuhkan dan pada saat itu juga kita sudah mulai mendapatkan social media power.
Kemudian bagaimana untuk melakukannya?
Ketika orang melakukan pencarian, mereka selalu melakukannya untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dan mesin pencari seperti Google dan Yahoo! Membantu mereka untuk menemukannya. Apa yang harus anda cari lakukan adalah bagaimana mesin pencari itu menemukan informasi yang dicari pengguna tersebut berada di situs Anda. Untuk melakukan itu, Anda harus memiliki informasi.
Mungkin akan sebagian dari anda merasa cukup untuk membuat beberapa artikel sederhana acak dan mengatakan bahwa anda memiliki content yang bisa dijadikan “senjata” untuk bertarung di SEO Traffic. Apakah itu cukup? Tidak, karena mesin pencari menempatkan semua hasil pencarian sesuai dengan relevansi dan juga kualitas. Memahami Pentingnya Seo Untuk Blog
Bagaimana cara mesin pencari bekerja?
Hal inilah yang perlu anda pelajari secara mendalam. seperti yang saya katakan sebelumnya, mesin pencari menempatkan hasil pencarian dengan mempertimbangkan 3 kriteria penting: Kualitas, konten unik dan relevan . Jika Anda memiliki semuanya, saya cukup yakin Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan yaitu untuk mendapatkan lalu lintas ke web anda dari Search Engine
1. Kualitas
a. Pertama-tama, untuk menciptakan kualitas yang Anda perlu anda lakukan adalah fokus dan serius pada domain Anda. Apakah cukup sulit untuk fokus pada semua domain (sebenarnya tidak mungkin) sehingga itulah sebabnya saya sarankan kepada Anda untuk membuat website berbasis niche dan mulai belajar tentang niche keyword.
b. Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan karena sekali Anda melakukannya hanya untuk menulis, maka anda akan cepet bosan dan akhirnya anda tidak akan bisa melanjutkan apa yang anda lakukan.
2. Konten Unik
Konten Unik adalah bagian tersulit dari membuat konten SEO. Jika Anda akan melakukan ini 6-7 tahun lalu, mungkin itu akan lebih mudah, namun kini karena informasi yang tersedia di internet sudah sangat banyak sehingga akan sangat sulit untuk membuat 100% konten yang unik sehingga anda harus berusaha keras untuk menulis konten dengan menggunakan kata kunci Anda sendiri dan mencoba untuk menghindari duplikasi konten.
3. Relevansi
Jika Anda tetap berpendirian teguh pada niche anda dan mengikuti 2 langkah pertama – Kualitas dan konten yang unik, relevansi merupakan hal yang “sunah” dilakukan oleh Anda. Saya mengatakan hal ini karena jika Anda memiliki konten dengan kualitas  yang baik dan unik, maka pengguna, blogger dan pemilik situs web akan memperhatikan langsung dan Anda akan mendapatkan back link. Hal-hal ini akan menempatkan artikel Anda di tempat pertama dari hasil pencarian web, sehingga Anda akan mendapatkan lalu lintas berton-ton dengan segera dengan memahami pentingnya SEO untuk blog dan web anda.

-----Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat-----
×