Google Sitelink - Blog Ini Pun Punya ! - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media Google Sitelink - Blog Ini Pun Punya !

Post Top Ad

Google Sitelink - Blog Ini Pun Punya !

Share This
Google Sitelink - Blog Ini Pun Punya !  - Cara Mendapatkan Google Sitelink merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh kalangan webmaster ataupun blogger. Optimasi SEO adalah cara yang tepat bagi kita untuk mendapatkan google sitelink. Blog ini mendapatkan google sitelink entah kenapa saya pun tidak mengetahuinya secara jelas karena google sendiri tidak pernah menjelaskan secara rinci kenapa dan mengapa memberikan google sitelink. Nah mungkin rekan-rekan semua masih belum mengerti apa itu google sitelink? Mari ikuti pemaparan saya dalam artikel ini.
Google Sitelink - Blog Ini Pun Punya !


APA ITU GOOGLE SITELINK / TAUT SITUS ?
Kalau Google hanya memberikan sebuah definisi singkat untuk Sitelink Google ini yang saya baca dan kutip dari beberapa referensi dan saya simpulkan :
"Tautsitus adalah tautan ke laman-laman dalam sebuah situs. Tidak semua situs dilengkapi tautsitus. Google membuat tautsitus ini secara otomatis, tetapi Anda dapat menghapus yang tidak Anda inginkan."
"Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they’re looking for."
BAGAIMANA WEB KITA BISA MENDAPATKAN GOOGLE SITE LINK INI?
Kalau informasi beberapa referensi disana, Google Sitelink dapat kita peroleh diantaranya dengan cara : Merajai kaca kunci tertentu, Nama domain, Mencari backlink dengan anchor tertarget, dan Traffic blog yang bagus.


APA KEGUNAAN SITELINK GOOGLE INI?
Pertama, tentu saja ini menunjukkan bahwa Google semakin mengakui kita, berarti juga tingkat kepentingan blog kita di mata Google smakin meningkat. Kedua, Sitelink menjadi gengsi tersendiri bagi seorang blogger atau webmaster. Ini disebabkan karena Google tidak menjelaskan algoritma pemberian sitelink dan ini masih menjadi sesuatu yang 'langka'. Hanya blog berperingkat bagus dan bertraffic tinggi yang mendapatkannya. Setidaknya sampai sekarang seperti itu. Ketiga, Sitelink mengukuhkan kita akan dominasi keyword tertentu, artinya posisi teratas kita dengan keyword tertentu akan sulit digeser.


BAGAIMANA CARA MENGUSAI KATA KUNCI TERTENTU?
Seperti yang sudah dipaparkan diatas tadi, bahwa penggunaan anchor tertarget dan optimasi artikel maupun blog dengan kata kunci tertentu adalah mutlak dilakukan. Salah satu cara mudah untuk itu adalah dengan analisa keyword yang sering dicari orang di internet (Google Insight atau Google Adwords).


Dari hasil browsing dan membaca dokumen tadi, ada beberapa faktor atau cara untuk mendapatakan Google Sitelinks:


1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google
Sejauh yang saya lihat di Google Search Result, hanya sebuah situs yang mendapat Google Sitelinks, yaitu situs yang berada di urutan pertama untuk kata kunci tertentu. Untuk mendapat peringkat tinggi di search engine dapat digunakan teknik SeO, yang teknik dasarnya ada 2, yaitu:
•    Membuat artikel original ( bukan copy paste) yang berkualitas.
•    Mengusahakan halaman lain memasang link ke halaman tersebut.


2. Dalam homepage minimal ada 3 buah link
Mengutip pernyataan Google:
we only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available.
Jadi sebuah halaman website yang didalamnya berisi sebuah animasi flash yang menawan dan hanya ada satu tombol untuk masuk atau login, tidak bisa mendapatkan sitelinks dari Google.


3. Link tersebut banyak di-klik pengunjung situs kita
Mengutip pernyataan Google:
We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user.
Kata “useful to the user” saya artikan bahwa pembaca yang datang ke homepage kita, banyak yang mengklik link tersebut.


4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google
Mengutip pernyataan Google:
(If) we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them.
Ini berarti link-link dalam sitelink, harus cocok dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengunjung.

3 komentar:

  1. salam sahabat, waduh baru mampir nih sob..... artikel mas mantap banget rupanya sangat penting ya ttg "google sitelink" jadi makin tahu saya manfaatnya.
    Terima kasih postingnya kren dan bermanfaat :m:

    BalasHapus
  2. mantap blognya, ilmunya sangat bermaanfaat bagi saya yang masih awam. terimakasih kawan.

    BalasHapus

Post Bottom Ad

Pages