Notification

×

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

14 April 2013 | 14:02 WIB Last Updated 2021-09-12T16:11:16Z

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Laptop merupakan perangkat yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi bagi penggunanya. Tidak sedikit dari mereka menggunakan laptop dalam kondisi tanpa kabel pengisi daya atau dengan kata lain menggunakan daya baterai untuk menunjang aktivitasnya seperti ketika berada di cafe, mall, taman, ataupun tempat-tempat lain yang memungkinkan kita bekerja dengan menggunakan laptop. Tidak sedikit dari para pengguna yang mengeluh dengan kapasitas baterai laptop yang cepat habis. Kondisi ini tentu membuat pengguna tersebut tidak nyaman karena dalam melakukan aktivitasnya akan terasa tidak maksimal karena selalu berbenturan dengan kondisi baterai laptop yang tidak sepenuhnya menunjang aktivitasnya. Bagi anda pengguna laptop, perhatikanlah beberapa hal berikut ini agar anda terhindar dari masalah tersebut dan dapat melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.

Beberapa Tips Merawat Baterai Laptop :

  • Jangan melepaskan baterai dalam keadaan laptop/notebook hidup. Pastikan kamu sudah mematikan laptop jika ingin melepas baterai.
  • Baterai baru perlu di-charge maksimal dan discharge habis 4-5 kali saat pemanfaatan awal agar kapasitas baterai dapat optimal.
  1. Discharge penuh artinya baterai dimasukan ke laptop dan laptop dinyalakan dan dibiarkan sampai tenaganya habis.
  2. Charge penuh artinya baterai dimasukan ke laptop kemudian laptop dihubungkan dengan adaptor yang sudah terhubung ke sumber listrik AC, charge sampai kapasitas baterai penuh.
  • Saat charging pertama, adalah hal biasa jika indikator menunjukan baterai sudah ter-charge penuh hanya dalam waktu 20 - 30 menit, hal ini adalah fenomena normal pada awall pemakaian baterai rechargable, jika hal ini terjadi, keluarkan baterai dan masukan lagi ke laptop, ulangi proses charging. Jika masih terjadi, discharge sampai habis, ulangi proses nomor 2.
  • Jika setelah proses Charge berjam - jam, indikator kapasitas masih tidak naik, misalnya tetap 50%, maka lakukan proses nomor 2. Discharge dan Charge.
  • Keluarkan baterai dari laptop jika laptop kamu tidak digunakan dalam jangka waktu lama, Charge baterai sampai 60% penuh sebelum disimpan. Gunakan baterai minimal sebulan sekali.
  • Lama cepatnya kekuatan baterai habis sangat ditentukan oleh aktivasi berbagai perangkat pendukung laptop kamu.
  • Keawetan baterai tidak akan lebih panjang jika baterai hanya disimpan dan tidak digunakan.
  • Dalam hal saat digunakan pertama kali, laptop tiba - tiba mati, ini adalah proses normal penyesuaian voltase baterai. Keluarkan dan masukan lagi baterai, Charge sampai maksimal, ulangi proses nomor 2.
Sekian Tips dari saya semoga bermanfaat dan Baterai Laptop anda terawat dan dapat tahan lama.
×