Jadilah kontributor artikel kami. Submit Now!

7 Penyebab Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

 
7 Penyebab Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya
7 Penyebab Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Baterai merupakan komponen penting dalam sebuah gadget, hal tersebut akan lebih terasa jika kita sedang bepergian atau dalam perjalanan jauh. Komunikasi yang penting dapat terhambat karena baterai yang kita gunakan cepat habis, alhasil gadget / HP kita pun tidak dapat digunakan karena baterai hp habis. Baterai pada smartphone seperti android merupakan kategori baterai yang cepat habis hal ini dikarenakan beberapa hal, bisa dari sistem operasi, aplikasi dan sebagainya. Berikut terdapat 7 poin penyebab borosnya baterai android, berdasarkan pengalaman 7 Penyebab Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya adalah sebagai berikut :
    1. Ponsel android terhubung ke internet secara terus menerus 
    Ponsel android anda selalu terhubung dan melakukan aktivitas ke jaringan internet atau server dari masing-masing aplikasi. Poin inilah yang membuat baterai android kita cepat habis.
    2. Sinyal lemah
    Jika sinyal lemah, handphone akan membutuhkan daya ekstra untuk mempertahankan sinyal yang ada di daerah tersebut. Selain itu sinyal yang kurang baik akan membuat koneksi data menjadi lambat sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengakses jaringan internet, dan melakukan sinkronisasi nirkabel.
    3. Aplikasi
    Aplikasi yang terinstall pada ponsel Android juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros, misalnya aplikasi-aplikasi yang menggunakan akses penuh jaringan internet.
    4. Background process
    Aplikasi yang berjalan di background / latar belakang masih banyak menggunakan CPU (processor) pasti akan membuat baterai menjadi boros. Untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di background / latar belakang, anda dapat menggunakan aplikasi sejenis task manager
    5. Tema dan wallpaper
    Menggunakan launcher (theme) atau live wallpaper dengan fitur animasi juga akan membuat baterai menjadi sedikit lebih boros karena CPU bekerja untuk menampilkan animasi tema/launcher tersebut.
    6. Waktu pemakaian
    Pemakaian handphone Android juga merupakan salah satu faktor terbesar borosnya baterai Android. Dengan hadirnya fitur canggih yang ada pada ponsel tersebut maka pengguna akan cenderung menggunakannya secara terus menerus tanpa sadar bahwa aktifitas ini akan menguras baterai android.
    7. Task Killer
    Menggunakan task killer juga dapat menyebabkan baterai boros.
    Cara mengatasi android boros baterai:
    1. Matikan aplikasi yang berjalan di di background / latar belakang
    2. Sesuaikan jaringan sinyal anda, 3G/EDGE/GPRS
    3. Matikan koneksi yang tidak diperlukan
    4. Logout aplikasi yang menggunakan jaringan internet setelah digunakan
    5. Gunakan theme/launcher bawaan android
    6. Instal aplikasi seperlunya.
    Sekian artikel 7 Penyebab Android Boros Baterai dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.

    Post a Comment