Notification

×

Solusi Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

12 June 2014 | 21:29 WIB Last Updated 2021-09-21T16:36:37Z


Solusi Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Windows Explorer Has Stopped Working mungkin merupakan suatu masalah yang biasa kita temukan sehari-hari. Biasanya terjadi karena kita menginstal suatu program/aplikasi/game. Munculnya crash tersebut biasanya karena program/aplikasi atau game yang di instal tersebut tidak compatible / cocok dengan windows kita dan pada kebanyakan kasus disebabkan karena aplikasi yang kita instal terebut berisi mallware atau virus sehingga windows explorer komputer atau laptop kita terinveksi virus atau mallware tersebut.

Kejadian ini saya alami sendiri setelah saya mengunduh software dari internet, setelah saya instal seperti biasanya, kemudian muncul pop up atau pesan "Windows Explorer Has Stopped Working" dan dalam waktu kurang dari 10 detik laptoppun merestart dengansendirinya, kemudian saya nyalakan kembali laptop dan masalah tersebut masih tetap sama. Kemudian saya mencari topik di internet mengenai masalah tersebut dan saya menemukan solusi yang tepat dan masalah tersebut dapat teratasi.

Jika anda mengalami masalah Windows Explorer Has Stopped Working, terlebih dahulu coba anda perhatikan :
  • Windows Explorer Has Stopped Working ini adalah pesan error yang biasanya sering terjadi pada sistem operasi Windows 7.
  • Windows 7 adalah sistem operasi windows yang menggantikan sistem operasi windows vista. Windows 7 menyediakan banyak fitur baru dan fungsi untuk membuat tugas serta dinyatakan aman dan sangat mudah digunakan.
  • Windows Explorer merupakan fungsi yang tidak dapat terpisahkan dalam setiap sistem operasi yang di luncurkan oleh Microsoft yang berfungsi untuk sharing atau melihat file dan folder pada sistem operasi yang kita gunakan yaitu dengan windows explorer ini.
  • Kadang kala di saat kita tengah sibuk dengan pekerjaan dengan komputer atau laptop tiba-tiba kita mendapatkan pesan error "Windows Explorer has stopped working". Pesan ini muncul ketika komputer atau laptop tidak memberikan respon terhadap masukkan yang diperintahkan.
Hal yang pertama perlu anda lakukan untuk menganalisa munculnya Windows Explorer Has Stopped Working :

1. Periksa Antivirus yang terpasang di laptop anda
Virus dan mallware adalah masalah umum yang sering dialami dan menjadi penyebab aplikasi berhenti secara tiba-tiba atau bekerja dengan sangat lambat. Jika kita menemukan aplikasi yang berjalan dengan sangat lambat atau tiba-tiba aplikasi force close, maka kita perlu memeriksa seluruh file sistem pada komputer atau laptop, hal itu mungkin saja disebabkan oleh virus yang menginfeksi ke dalam sistem operasi windows anda.

2. Periksa file yang rusak atau corrupt
Pada dasarnya yang membuat windows explorer berhenti bekerja adalah karena kita memiliki beberapa file yang rusak atau corrupt. Coba anda ingat kembali apa yang anda lakukan sebelum windows mengalami crash, apakah menginstal aplikasi , games ataupun yang lainnya.

Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working
Cara yang pertama :

1. Klik Start dan pada menu search ketik "gpedit.msc"
2. Cari pengaturan dibawah ini :
"Computer Configuration -> Administrative Templates -> System -> Internet Communication Management,kemudian klik Internet Communication settings"
3. Pilih lokasi Turn off Windows Customer Experience Improvement Program, klik kanan pilih Edit.
4. Pilih Enable, kemudia Apply dan tutup menu gpedit.
5. Selesai

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah anda menggunakan cara yang kedua.
Cara yang ke dua :

1. Klik Start, pada menu search ketik "cmd".
2. Setelah muncul results area, klik kanan cmd atau cmd.exe
3. Selanjutnya klik kanan pada Run as administrator.
4. Pada Command prompt, masukan password sesuai administrator account bila diminta, klik Continue.
5. Pada Command prompt,ketik "Sfc /scannow" kemudian tekan ENTER.
 
Proses ini akan sedikit memakan waktu, hasilnya akan ditunjukan dengan persen (%), windows akan me-repair (memperbaiki) corrupted files atau missing files. Gunakan installation CD jika diperlukan, Masukkan CD Windows Installer.

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil juga, mungkin cara ketiga dapat anda coba.
Cara yang ketiga:
Cara yang ketiga untuk memperbaiki Windows Explorer Has Stopped Working adalah dengan menggunakan System Restore.

Untuk menggunakan system restore, silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Klik start kemudian ketikkan system restore dan tekan enter



2. Setelah itu muncul jendela system restore wizard, klik next




3. Muncul daftar restore point, dimana tercantum tanggal dibuatnya restore point tersebut. Pilih salah satu dari daftar tersebut untuk mengembalikan kondisi windows pada tanggal tersebut. Anda bisa klik Scan for affected programs untuk melihat program-program aopa saja yang akan ikut hilang jika anda memilih tanggal tersebut. Jika sudah klik Next


4. Muncul jendela confirm restore point, klik finish



5. Jika muncul peringatan Once startup, System restore can not be interrupted .... silahkan klik Yes.
Maka komputer akan restart dan proses restore akan berlangsung, tunggulah sampai proses selesai

Keterangan :
Jika Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working di atas tidak berhasil.
Maka cara yang ampuh adalah dengan menginstal ulang laptop atau windows anda.Berdasarkan pengalaman pribadi, ketiga cara tersebut berhasil setelah saya test pada beberapa laptop yang mengalami masalah Windows Explorer Has Stopped Working.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, jika anda mengalami kesulitan, silakan ajukan melalui komentar.

Jika anda mengalami windows 7 yang gagal booting, silakan baca Cara Mengatasi Windows 7 Gagal Booting.
×