Notification

×

Meta Tag Blogger SEO Friendly Complete

26 July 2010 | 22:52 WIB Last Updated 2021-09-18T09:21:02Z
Meta Tag Blogger SEO Friendly Complete
Bagi blogger semua baik yang newbie maupun yang sudah berkecimpung dalam dunia blogger pasti mengenal apa itu SEO, dan apa itu meta tag. meskipun masih awam dalam dunia blogging namun kedua kata ini sering diperbincangkan oleh master blogger, master seo and blog tutor. meta tag sangatlah penting dalam suatu blog yang mempu membawa blog anda ke tingkat yang lebih baik dalam pencarian google. hal itu tentu prioritas utama bagi para blogger yang ingin tulisannya/artikel/postingannya cepat terindeks google dan mampu mengalahkan tulisan lain yang mempunyai judul yang hampir sama. tentu kita ingin menjadi numero uno adlam pencarian google dan dengan seperti itu blog anda sudah berhasil dalam menerapkan seo dan optimasi meta tag.
saya ingin sharing mengenai meta tag, meta tag yang ingin saya bagikan/share adalah hasil dari beberapa teknik modifikasi agar google bersahabat dengan blog kita. hal itu tidaklah mudah, banyak cara yang dilakukan para blogger untuk mendapatkan hasil yang maksimal namun dengan usaha yang cepat hingga akhirnya ditendang oleh google dan masuklah kedalam google sandbox.
nah sobat semua tentu tidak ingin hal itu terjadi, karena jika masuk kedalam google sandbox maka akan pulih kembali setelah beberapa bulan. untuk itu, pakailah cara yang sangat didukung oleh blogger, jangan pake cara curang dan meta tag ini adalah salah satu cara agar blog sobat semua bisa seo friendly dan get over traffic.

ok, kita mulai tutorialnya:
  1. Masuk ke account blog milik anda
  2. Klik rancangan lalu klik edit html
  3. Klik expand widget templates
Berikut adalah meta tag untuk judul halaman blogspot :
Login di account Blogger Anda dan pastikan Anda sudah mengakses ke menu Tata Letak > Edit HTML. Kemudian dengan menggunakan fasilitas CTRL + F, Anda cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title>. Jika sudah ketemu HAPUS kode tersebut dan GANTI dengan kode dibawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>
Simpan Template Anda. Dan lihat hasilnya dengan masuk ke salah satu artikel Anda, apabila di browser Anda di tulisan paling atas muncul judul artikel baru judul blog, maka teknik ini sudah bekerja.

META TAG untuk SEO Blogspot :

Masih dalam halaman yang sama, yaitu Edit HTML. Anda copy dan paste kode dibawah ini kemudian letakkan dibawah kode <head>.
<meta content='your blog description' name='description'/>
<meta content='your keyword ' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
<meta content='all-language' http-equiv='Content-Language'/>
<meta content='Global' name='Distribution'/>
<meta content='your country' name='geo.country'/>
<meta content='your city' name='geo.placename'/>
<meta content='your name' name='author'/>
<meta content='all' name='robots'/>
<meta content='all' name='googlebot'/>
<meta content='all' name='msnbot'/>
<meta content='all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='all' name='Slurp'/>
<meta content='all' name='ZyBorg'/>
<meta content='all' name='Scooter'/>
<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<meta content='1 days' name='revisit'/>
<meta content='1 days' name='revisit-after'/>
<meta content='document' name='resource-type'/>
<meta content='en' name='language'/>
<meta content='US' name='country'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
Ganti kode yang berwarna dengan keinginan Anda sendiri. Kemudian Simpan Template Anda. Rajinlah meng-update artikel yang unik, hindari spam, rajin blogwalking dan meninggalkan jejak, maka dijamin traffic blog Anda akan terus meningkat… Disini juga saya menjelaskan tentang kegunaan Meta Tag blog untuk Search Engine. Anda juga bisa menggunakan tool SEO Tester untuk membantu Anda dalam menemukan description dan keyword yang pas.
  1. Meta Tag Description : Digunakan sebagai gambaran umum tentang isi dari halaman blog atau situs tersebut. Usahakan penggunaannya tidak lebih dari 200 karakter, dan berhubungan dengan isi atau judul blog Anda.
  2. Meta Tag Keyword : Bisa dibilang yang paling penting dalam Meta Tag, karena ia berperan dalam menentukan kata kunci apa yang dapat menemukan halaman web Anda dari Search Engine. Untuk pemisahan keyword ini dapat menggunakan spasi atau tanda koma. Namun usahakan tidak melakukan pengulangan atau yang tidak berhubungan sama sekali dengan isi halaman blog karena akan disangka SPAMMING.
  3. Meta Tag Robots : Menentukan halaman mana saja yang akan di-index, di follow atau tidak. Penggunaan Do Follow dan No Follow sangat berkaitan sekali dengan backlinks baik itu inbound atau outbound links. Sebab dari tag ini Spider Search Engine akan melakukan pencatatan atau tidak setiap tag URL yang ada di halaman tersebut.
NOTES : Ada tiga jenis Meta Tag yang dipakai oleh Search Engine, yaitu Description, Keyword, dan Robots. Ada beberapa keyword yang biasanya sering disebut sebagai stop words (tidak harus Anda buat) diantaranya adalah “a, an, the, but, e-mail, when, where, how, free, if, and, while, or”. Beberapa keyword ini biasanya terlewatkan dan tidak terlalu dipedulikan keberadaanya oleh mesin pencari.
----SEMOGA BERMANFAAT----

×