Notification

×

Memasang Buku Tamu di Blog

22 August 2010 | 03:24 WIB Last Updated 2021-09-18T09:01:25Z
Memasang Buku Tamu di Blog mungkin hal yang tidak asing bagi sobat blogger semua dan sobat semua sudah pasti tahu bagaimana cara membuat buku tamu/shoutbox di blog. banyak tutorial bagaimana cara membuat buku tamu ini dengan berbagai versi modifikasi untuk tampilan widgetnya, seperti dengan tombol open close dsb. namun bukan itu yang akan saya bahas, lalu apa? sedikit ulasan saya mengenai pentingnya shoutbox dan memasangnya dalam blog kita. buku tamu kita ibaratkan sebuah buku tamu undangan, secara simple kemampuannya adalah untuk tegur sapa, silaturahim, blogwalking, bertukar pikiran, berbagi info, dsb hingga promosi produk/jasa. hal ini memberi kemudahan bagi blogger/pengunjung blog itu sendiri. dengan memasang buku tamu, kita dapat meninggalkan jejak bahkan mengundang pemilik blog untuk mengunjungi blog kita. cara membuat buku tamu  di blog tidaklah sulit, sobat semua hanya cukup melalakukan tahapan dibawah ini :
  1. Daftar di cbox.ws 
  2. Isi form registrasi
  3. Setelah selesai registrasi, sobat akan dibawa ke panel/pengaturan cbox
  4. Setelah disesuaikan dengan keinginan tampilan cbox, sobat tinggal melakukan generated html code
  5. Copy kode html tersebut
  6. Kembali ke account blogger, klik rancangan
  7. Lalu klik add widget, klik html atau javascript
  8. Copy html code cbox tadi
  9. Simpan hasil kerja sobat, dan lihat hasilnya
Sobat semua pasti sudah tahu hal ini dan merasa mungkin artikel ini tidak menarik buat sobat semua, namun ada hal yang menarik yang ingin saya bahas mengenai hal ini. apa hal yang menarik tersebut, mari simak penuturannya :D
 
Ketika saya blogwalking kesana kemari, mampir ke blog yang satu dengan yang lain, saling tegur sapa dan berbagi informasi, tiba-tiba saya berkunjung ke salah satu blog, ternyata dalam blog tersebut TIDAK TERDAPAT SHOUTBOX/BUKU TAMU!, pikiran saya yang tertuju pada admin blog itu hanya satu yaitu CURANG, saya tidak dapat menafsirkan hal lain selain itu, saya mempunyai alasan tersendiri mengapa saya mengatakan demikian.
 
Saya merasa nyaman ketika blog yang saya kunjungi memiliki artikel menarik dan berguna juga bermanfaat, dan ketika itu semua sudah saya baca, telaah dan pahami, tanpa ragu sayapun menulis komentar untuk artikel tersebut. lalu kenapa blog yang saya kunjungi tersebut tidak memiliki shoutbox/buku tamu?? jawaban saya cuma satu, INGIN ARTIKELNYA DIKOMENTARI, jadi yang berkunjung ke blog tersebut agar mengomentari artikelnya. menurut saya, tak perlu curang untuk mendapatkan komentar blog, sobat semua hanya cukup membuat artikel yang baik, original, jelas padat dan bermanfaat. dengan seperti itu, niscaya pengunjung pun akan betah berkomentar di artikel sobat karena merasa artikelnya bermanfaat. mengapa saya mengatakan curang kepada pemilik blog yang tidak menyediakan buku tamu?
 
Jawabannya saya mungkin dapat sama dengan sobat semua, atau mungkin tidak ! begini jawabannya :
Mengapa saya mengatakan curang? pemilik blog tersebut ternyata hanya ingin menguntungkan dirinya sendiri dan tidak memikirkan kerugiannya untuk blogger lain, lho kenapa rugi? pemilik blog yang curang tersebut dapat dengan mudah blogwalking kesana kemari tanpa harus menunggu loading page membuka postingan, lalu untuk meninggalkan jejak kita harus berkomentar dan mengisi verifikasi kata, berapa lama kita berada dalam blog tersebut? sementara admin blog curang tersebut dengan mudahnya kesana kemari tanpa harus repot seperti kita ! meskipun blog tersebut dofollow, tapi cara tersebut menurut saya tidak etis jika blogger tersebut me-nonaktifkan buku tamu. etis kah hal itu dilakukan oleh seorang blogger sejati??
 
Memasang shoutbox/buku tamu sangat penting untuk meningkatkan alexa rank, berapa % kah pengunjung blog unik sobat perhari jika tanpa blogwalking? untuk blogger baru, pengenalan blognya jika tanpa blogwalking pasti serasa sayur tanpa garam. saya sendiri merasakan bahwa alexa rank sangat didukung dengan pengunjung unik ke blog kita salah satunya adalah pengunjung sesama blogger. 
Rasa kecewa tidak dapat saya bendung lagi mengenai masalah ini, dan sayapun merasa SANGAT MALAS untuk berkunjung ke blog tersebut, entah ini hanya perasaan saya saja, atau sobat semua juga merasakan hal yang sama, yang pasti hal ini sesuai dengan realita dan fakta dan artikel ini sedikitpun tidak bermaksud untuk mengada-ada.
Mohon koreksi apabila yang saya tulis ini salah, karena saya hanya ingin blogger bertindak professional tanpa merugikan satu sama lain, berdiri sama tinggi duduk sama rendah, kita datang bersama, pergi bersama dan sukses bersama. mohon kritisasi dan tanggapannya mengenai artikel memasang buku tamu di blog.
×