Notification

×

Penyebab Blog di Blogspot dihapus

05 September 2010 | 23:34 WIB Last Updated 2021-09-11T14:17:05Z
Penyebab Blog di Blogspot dihapus
Beberapa hari ini aktifitas saya padat sekali di dunia offline, hingga aktifitas rutin saya blogwalking mengunjungi blog sahabat sedikit terbengkalai, ditambah dengan kesibukan edit template hingga membutuhkan waktu 2 hari. Pada saat blogwalking, saya menemukan beberapa blog yang adminnya sama akan tetapi kenapa domainnya beda, bahkan ada lagi ketika saya klik link blog tersebut tiba-tiba yang muncul adalah " blog yang anda kunjungi tidak kami temukan, dan nama blog tidak tersedia untuk didaftarkan" lho kenapa ya? saya cari tahu dan mengusut hal ini, takut-takut ya blog di blogspot saya dihapus juga. setelah telusur lebih lanjut, kini saya tahu kenapa, apa sebabnya blog di blogspot dihapus. 
Setelah ditelusuri ternyata ada informasi bahwa pemilik Bogspot sedang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap para pengguna blog sudah beredar di beberapa blog. Bersamaan dengan hal itu, maka jika ditemukan blog yang melanggar Blogger Term of Service dan atau Blogger Content Policy, maka tanpa peringatan dini atau kartu kuning terlebih dahulu blog tersebut akan dihapus. dan hal inilah yang terjadi pada blognya Bang Ir (terimakasih dan mohon maaf Bang Ir, saya jadikan contoh). Penghapusan blog Bang Ir, tercantum di wall FB beliau :
Penyebab Blog di Blogspot dihapus
Alasan yang diberikan oleh pihak Blogspot kenapa blog Bang Ir dihapus adalah karena blog tersebut dianggap telah melakukan SPAM. 
 Sebelumnya saya juga pernah bahas bahwa tindakan spam adalah tindakan tidak terpuji, termasuk saya sendiri, apabila ada yang berkomentar spam maka komentar akan langsung saya hapus. selain sampah, hal itu juga dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan blog sobat. dan pengen tau pemberitahuan spam yang diberitahukan kepada Bang Ir adalah sebagai berikut :
Di Blogger Content Policy yang tercantum adalah "Spam: Spam takes several forms in Blogger, all of which can result in deletion of your account or blog. Some examples include creating blogs designed to drive traffic to your site or to move it up in search listings and posting comments on other people's blogs just to promote your site or product.”
Selain pemberitahuan tersebut pihak blogspot juga mengatakan bahwa di beberapa artikel disebutkan alasan lain kenapa blog dihapus adalah adanya kegiatan review (PTR), menghilangkan navbar Blogger, auto-content (blog dummy), memasang banner refferal secara berlebihan, dan lain-lain. Ada juga yang mengatakan untuk tidak memasang gambar-gambar ‘hot’ atau adult. Untuk yang terakhir saya agak kurang setuju, karena di Blogger Content Policy jelas tercantum mengenai Adult Content :
Adult Content: We do allow adult content on Blogger, including images or videos that contain nudity or sexual activity. But, please mark your blog as 'adult' in your Blogger settings. Otherwise, we may put it behind a 'mature content' interstitial.
Dari beberapa alasan di atas, maka saya lebih percaya bahwa penghapusan blog oleh Blogspot adalah karena melakukan pelanggaran berat, seperti spamming dan blog yang memuat auto-content. Jadi bagi  sobat yang menggunakan jasa hosting blog di blogspot alias gratis, diharapkan untuk bersiap-siap kalau robot Blogspot melakukan sidak (inspeksi mendadak) dan siap-siap lemes seperti Bang Ir, karena blognya dihapus. Alangkah bijaksananya Blogspot tidak langsung memberikan kartu merah (menghapus blog), tapi didahului dengan kartu kuning (peringatan dini) agar kita dapat memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat.

×