Tips Cara Memilih iPad yang Tepat - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media Tips Cara Memilih iPad yang Tepat

Post Top Ad

Tips Cara Memilih iPad yang Tepat

Share This
Tips Cara Memilih iPad yang Tepat - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Jika Anda juga mulai tertarik untuk memilih Apple iPad, hal pertama yang terlihat mungkin banyaknya pilihan varian. Setiap generasi memiliki enam varian yang berbeda kapasitas dan konektivitasnya sehingga total ada dua belas varian iPad di pasaran saat ini. Kami mencoba membantu Anda menentukan iPad mana yang paling tepat bagi Anda.

iPad 1 vs iPad 2
Apple iPad 2 dan iPad generasi pertama memiliki beberapa perbedaan, tetapi yang paling utama tentu adalah harga. Dengan kapasitas dan konektivitas sama, harga kedua generasi iPad ini terpaut sekitar dua juta rupiah. Apakah nilai itu sesuai dengan peningkatan feature dan performa yang didapat?

 Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, iPad 2 menggunakan CPU dan GPU dual-core. Namun, bukan berarti iPad 2 hanya dua kali lebih cepat. Pengujian menunjukkan bahwa pada game 3D, iPad 2 memberikan performa 4x – 9x lebih cepat dari iPad 1. Peningkatan yang sangat signifikan.

Kelebihan lain adalah ketersediaan iMovie di iPad 2. Aplikasi ini berguna untuk mengolah video. Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat di-install di iPad 1. iPad 2 juga dapat menampilkan seluruh tampilannya di display eksternal, sebuah fungsi yang disebut mirroring. Feature ini belum tersedia di iPad 1.

Namun, perbedaan feature yang paling signifikan mungkin terletak di kemampuan jailbreak. Sampai saat ini, Apple iPad 2 masih belum bisa di-jailbreak. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, jailbreak memungkinkan Anda untuk menginstall banyak tweak yang tidak lolos saringan Apple, termasuk applet untuk menghindari mata-mata. Jika Anda ingin lebih bebas menggunakan Apple iPad Anda, pilihan terbaik saat ini adalah iPad generasi pertama.

Konektivitas
Jika Anda sudah dapat menentukan generasi mana yang lebih cocok, Anda lalu perlu menentukan konektivitas yang dibutuhkan. iPad WiFi tentu hanya dapat terhubung ke internet via WiFi. Seorang rekan kami yang sudah memiliki mobile hotspot (MiFi) mengatakan bahwa ia tak lagi membutuhkan iPad 3G.
 Namun, ternyata tidak hanya itu perbedaannya. Seperti yang sudah kami paparkan di artikel sebelumnya, iPad 3G memiliki receiver GPS, sesuatu yang tidak dimiliki iPad WiFi. Jika Anda sering menggunakan Google Maps, atau cukup sering melancong ke ke luar kota, feature GPS tentu akan sangat berguna.

Kapasitas
iPad tersedia dalam kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Jika dana Anda cukup, tentu tak ada salahnya memilih kapasitas yang paling besar karena iPad tidak memungkinkan expansi storage. Namun, kapasitas yang tepat akan lebih baik untuk yang lebih budget-oriented.
Dari tabel di atas, Anda bisa mendapat gambaran tentang kapasitas sejati setiap varian iPad. Pengguna yang lebih fokus ke browsing, foto, buku, atau lagu, tidak akan kekurangan dengan kapasitas 16 GB. Jika Anda suka membaca majalah atau bermain game, iPad 32 GB sudah cukup memadai. Sementara, jika Anda berencana untuk menjadikan iPad sebagai bioskop pribadi, iPad 64 GB adalah satu-satunya pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages