Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Cara Mengatasi Cartridge Canon Buntu atau Tersumbat

27 Agustus 2021 | 23:22 WIB Last Updated 2021-09-28T14:24:50Z


 

Cara Mengatasi Cartridge Canon Buntu atau Tersumbat - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Cartridge merupakan bagian vital dari sebuah alat pencetak (printer) agar dapat menghasilkan suatu hasil cetakan yang diinginkan. Cartridge diciptakan sedemikian rupa dengan menggunakan teknologi yang canggih sehingga dapat menghasilkan suatu hasil cetakan yang mumpuni. Karena canggihnya, cartridge di desain sedemikian rupa dengan nozzle yang ukurannya sangat kecil dan sangat riskan tersumbat dalam penggunaannya. Tidak sedikit para pengguna printer yang mengabaikan bawasannya nozzle cartridge ini sangat butuh perawatan secara berkala agar hasil cetak yang diinginkan selalu dalam kondisi prima dan sempurna.

Durasi penggunaan cartridge secara terus menerus dan minimnya perawatan dari pengguna printer dapat menyebabkan nozzle (mulut semprot tinta) tersebut mengalami kondisi tersumbat yang menyebabkan hasil cetak tidak sempurna, bahkan jika sumbatan tersebut dalam kondisi yang sudah parah, cartridge sama sekali tidak dapat mengeluarkan tinta melalui nozzlenya. Jika hal tersebut terjadi, ada dua kemungkinan yang dapat dilakukan oleh pengguna printer yaitu:

  • Memperbaiki cartridge yang tersumbat
  • Mengganti cartridge yang tersumbat

Kedua pilihan tersebut tentu mengacu pada kebutuhan pengguna printer itu sendiri, apakah mau memperbaiki cartridge yang tersumbat tersebut ataukah mengganti dengan cartridge yang baru dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tentunya. Namun, sebelum anda mengganti cartridge tersumbat dengan cartridge baru, ada baiknya anda mencoba tips berikut ini untuk mengatasi cartridge yang tersumbat.

Namun, perhatikan beberapa poin berikut ini agar anda dapat memastikan cartridge tersebut masih dapat diperbaiki atau tidak.

  • Perhatikan kondisi head cartridge, apakah masih dapat mengeluarkan tinta, ataukah sudah benar-benar kering. Jika dalam kondisi basah masih terdapat kemungkinan untuk diperbaiki, jika dalam kondisi kering, silakan lanjutkan pengecekan pada nomor 2 berikut ini.
  • Cobalah bersihkan terlebih dahulu cartridge anda dengan menggunakan alkohol dan tissue, amati apakah nozzle tersebut masih dapat menyerap alkohol ataukah nozzle tersebut sudah benar-benar tertutup karena tinta yang sudah mengering.
  • Jika cartridge anda sudah dalam kondisi infus, bukalah karet nippe infus pada cartridge, perhatikan busa cartridge apakah dalam kondisi basah atau kering.
  • Jika cartridge anda sudah dalam kondisi refill suntik, cobalalah cek kondisi busa dengan memasukkan jarum suntik kedalam cartridge canon anda, lap suntikan yang telah dimasukkan kedalam cartridge kemudian lap dengan tissue, apakah kondisi busa masih dalam kondisi basah atau kering.

Jika anda sudah mengecek kondisi cartridge canon yang tersumbat sesuai dengan keempat poin di atas, kondisi cartridge yang masih memungkinkan untuk diperbaiki karena kondisi tersumbat yaitu:

  • Head cartridge masih dalam kondisi basah
  • Jika head cartridge masih dapat menyerap cairan (alkohol atau head cleaner)
  • Busa cartridge masih dalam kondisi basah

Jika kondisi cartridge anda terdapat salah satu kondisi di atas, masih ada kemungkinan cartridge canon anda yang tersumbat tersebut dapat diperbaiki.

Langkah mengatasi cartridge canon buntu atau tersumbat

  • Siapkan cartridge canon yang mengalami kebuntuan atau tersumbat
  • Siapkan cairan untuk merendam cartridge (cairan head cleaner ataupun cairan pembersih kaca)
  • Tuangkan cairan pembersih kaca ataupun cairan head cleaner tersebut kedalam sebuah wadah kurang lebih setinggi 2 Cm
  • Rendam bagian head cartridge canon yang tersumbat kurang lebih selama 20 menit, jika dalam kondisi yang parah silakan diulangi sampai mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Setelah direndam, bersihkanlah bagian head cartridge dengan tissue kemudian amati apakah tinta sudah dapat keluar di tissue, jika tinta keluar di tissue, bersihkan bagian head cartridge sampai bersih, bersihkanlah pula bagian chip cartridge tersebut sampai benar-benar kering.
  • Lakukan nozzle check print untuk mengetahui kondisi sumbatan cartridge tersebut apakah sudah normal atau masih butuh perbaikan.
  • Jika dirasa belum normal, lakukanlah perbaikan kembali. (jika kondisi cartridge masih dalam kondisi baik dan hanya mengalami sumbatan nozzle, biasanya dalam satu kali perbaikan sudah normal, ataupun dalam kondisi sumbatan yang parah dengan pengulangan 2 atau 3 kali sumbatan tersebut mengalami perubahan meskipun kemungkinan kembali kedalam kondisi normal tidak dapat diperkirakan).

Catatan: Jika setelah dilakukan perbaikan meskipun sudah diulangi sampai 3 kali hasilnya tidak berubah, dapat dipastikan bahwa sumbatan pada cartridge canon tersebut tidak dapat diperbaiki kembali karena tinta yang menyumbat telah mengeras dan sangat sulit untuk mencair.
Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Cartridge Canon Buntu atau Tersumbat, semoga bermanfaat.

×
Artikel Terbaru Update