Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Terima Panggilan Telepon Masuk

Senin, 29 November 2021 | 21.29 WIB Last Updated 2022-01-03T01:42:33Z

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Terima Panggilan Telepon Masuk
Ilustrasi Panggilan HP Android

 
Pernahkah smartphone anda mengalami masalah tidak bisa menerima panggilan telepon masuk? tentu kejadian tersebut sangat mengganggu aktivitas. Pasalnya, komunikasi yang seharusnya berjalan dengan baik menjadi terhambat gara-gara masalah tersebut. Ditambah lagi jika anda biasa menggunakan headset bluetooth untuk melakukan panggilan telepon, secara tiba-tiba headset bluetooth tidak bisa di charge sama sekali. Tentu sangat menjengkelkan.

Panggilan telepon yang saya maksud disini bukan voice call melalui aplikasi whatsapp, telegram ataupun lainnya. Melainkan panggilan telepon biasa menggunakan sim card (pulsa reguler).

Tidak sedikit yang menjadi faktor penyebab hp tidak bisa menerima panggilan masuk, namun sering kali bug sistem hp android atau dari kartu operator yang digunakan adalah penyebabnya.

Meskipun demikian, untuk memperbaiki hp android yang tidak bisa terima panggilan masuk tidaklah sulit.

Kamu bisa mencoba cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Telepon Masuk


Tutorial cara mengatasi hp tidak bisa terima telepon masuk dibawah ini bisa kamu terapkan disemua tipe hp android seperti hp vivo, oppo, xiaomi, realme, poco, hingga hp samsung sekalipun.

Sebab saya mendapatkan cara memperbaiki hp tidak bisa terima telepon masuk ini dari beberapa sumber seperti forum android, youtube dan juga pengalaman pribadi saya sendiri.


1. Periksa Pengaturan Jaringan


Kualitas jaringan sinyal yang buruk di tempat kamu berada dapat menjadi penyebab masalah panggilan tidak masuk di hp android yang kamu gunakan.

Panggilan telepon akan secara otomatis berakhir apabila kondisi sinyal / jaringan naik turun tidak stabil bahkan terkadang menghilang.

Dan jika kamu mengalami masalah tersebut, solusi yang bisa kamu gunakan adalah :
  1. Pertama, coba cari lokasi lain yang bisa menjadikan jaringan di hp android kamu lebih kuat.
  2. Kedua, ubah pengaturan jaringan sinyal di hp android yang kamu gunakan.
  3. Ketiga, bersihkan kartu sim di hp android kamu tersebut. Kondisi kuningan kartu sim yang kotor bisa mengakibatkan hilangnya sinyal di perangkat android yang kamu gunakan tersebut.


2. Cek Masa Aktif Kartu SIM


Jika nomer hp kamu tidak bisa ditelepon, kamu bisa mengecek masa aktif nomer hp kamu tersebut.

Sebab bisa dipastikan, jika nomer hp kamu sudah melewati masa aktifnya maka nomer kamu tersebut tidak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar ataupun terima panggilan masuk.

Dan biasanya ciri - ciri nomer hp yang sudah hangus karena melewati masa aktif biasanya akan ditandai dengan hilangnya jaringan di layar hp kamu tersebut.

Penutup

Sebenarnya masih banyak solusi lain untuk mengatasi masalah tidak bisa terima panggilan masuk di hp android.

Namun cara yang saya tuliskan di atas adalah inti dari semua langkah seperti, merestart hp, hapus cache ataupun lainnya yang sering disarankan oleh banyak situs di pencarian google.