Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka

Selasa, 21 Desember 2021 | 21.21 WIB Last Updated 2022-01-03T01:38:03Z

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka
Ilustrasi Instagram

Apakah anda pernah mengalami kasus instagram tidak bisa dibuka (terkunci) dan muncul gambar gembok dengan pesan "Konfirmasi Info Anda di Aplikasi untuk Mendapatkan Kembali Akun Anda"?. Saya belum lama ini juga mendapati hal seperti itu ketika hendak membuka akun instagram saya melalui browser. Tapi untungnya, masalah tersebut kini sudah teratasi dan instagram sudah bisa diakses normal lagi. 

 

Berikut ini pesan selengkapnya:

"Kami melihat aktivitas yang tidak biasa dari akun Anda. Konfirmasi identitas Anda dari aplikasi Instagram untuk kembali ke akun Anda" (bahasa Inggris: We noticed unusual activity from your account. Confirm your identity from the Instagram app to get back to your account).

Jika mendapati masalah demikian, anda tidak perlu cemas dan panik, karena solusinya sebetulnya cukup mudah untuk dilakukan. Pada kesempatan kali ini Santos Blog ingin berbagi solusinya untuk anda sekalian mengenai cara mengatasi instagram tiba-tiba tidak bisa dibuka dan muncul pesan "Konfirmasi Info Anda di Aplikasi untuk Mendapatkan Kembali Akun Anda". 

Munculnya notif pesan tersebut mungkin terjadi karena kita telah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karenanya, kita harus keluar dari aplikasi pihak ketiga dan menghapus instalannya. Instagram perlu mengonfirmasi informasi kita sebagai tindakan pengamanan. Ini mungkin terjadi karena kita telah memasukkan detail login Instagram di aplikasi pihak ketiga. Jika kita telah memasukkan detail login di aplikasi pihak ketiga, maka Instagram mungkin mengunci akun kita. Ini karena Instagram menganggap akun kita telah disusupi.
 

Rekam Video Selfie Untuk Verifikasi Identitas Anda

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda harus menyelesaikan video selfie untuk membantu instagram mengkonfirmasi bahwa anda adalah orang sungguhan dan untuk memverifikasi identitas anda. Bagaimana caranya?. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Buka play store dan install aplikasi instagram. Jika sebelumnya aplikasi sudah ada di handphone anda, silahkan buka manajer aplikasi instagram lalu klik paksa berhenti dan hapus data/memori. 
  2. Buka aplikasi instagram, isikan email/no. Hp dan kata sandi kemudian klik masuk. 
  3. Silahkan tunggu loading hingga muncul perintah untuk rekam video selfie anda. Klik Selanjutnya. 

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka

4. Pegang ponsel anda sejajar dengan mata. Klik Selanjutnya. 

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka

5. Setelah muncul kamera untuk selfi, posisikan wajah anda di dalam lingkaran. Pastikan seluruh wajah anda bisa dilihat. 

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka

6. Tunggu sampai muncul perintah berikutnya. Perlahan tengokkan kepala anda ke kanan. Selanjutnya perlahan tolehkan kepala anda ke kiri. Kemudian perlahan-lahan dongakkan kepala anda ke atas.

7. Jika semua perintah sudah anda ikuti dengan benar, akan muncul "Video Selfie Sudah Selesai". Ini berarti anda telah menyelesaikan verifikasi video selfie. Klik "Kirim" untuk mengirimkan video selfie. 

Cara Mengatasi Instagram Terkunci atau Tidak Bisa Dibuka

Jika berhasil, maka akun Instagram anda akan segera terbuka dan anda sudah dapat menggunakannya kembali. 

8. Selesai. Masalah terpecahkan. 

Lalu bagaimana jika anda gagal dengan cara di atas?. Bahkan anda tidak bisa masuk aplikasi instagram malahan muncul notif "Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita". Atau pada kasus lain banyak juga pengguna mendapatkan kesalahan setelah menyelesaikan video selfie. Kesalahan umum seperti: "Ups, terjadi kesalahan", dan anda tidak dapat melanjutkan.

Untuk mengatasinya, anda bisa coba hapus dulu aplikasi Instagram di handphone anda dan install kembali 3 hari kemudian. Atau cara lainnya anda bisa coba gunakan perangkat lain. Misalnya, anda bisa pinjam ponsel teman anda untuk masuk ke akun Instagram anda. Atau bisa coba gunakan perangkat komputer untuk masuk akun instagram menggunakan browser Chrome atau Safari. Selanjutnya ikuti seperti cara di atas.

Tidak menutup kemungkinan penyebab error tersebut terjadi karena aplikasi android error atau hang yang disebabkan oleh banyak faktor.