Notification

×

Kekurangan SEO Blogspot dan Solusinya Secara Tepat

15 October 2010 | 09:42 WIB Last Updated 2021-09-18T08:54:58Z
Kekurangan SEO Blogspot dan Solusinya Secara Tepat
Kekurangan SEO Blogspot dan Solusinya Secara Tepat, menimbang setelah sekian lama menggunakan blogspot ternyata disadari bahwa SEO blogspot tidak begitu sempurna. Banyak master SEO yang menganggap bahwa blogspot mempunyai masalah besar dalam hal optimasi SEO. Ada pula blogger yang mengatakan bahwa Blogspot sulit untuk bersaing di posisi SERP search Engine. Memang benar blogspot mempunyai masalah dalam optimasi SEO, namun pernyataan bahwa engine blogspot sulit bersaing memperebutkan posisi di Search Engine itu tidaklah benar.  memang bukan hanya dalam hal SEO saja, ada banyak kekurangan yang dimiliki blogspot, seperti contoh deteksi spam otomatis blogger yang masih belum maksimal, nyatanya masih banyak komentar yang di dalamnya berisi link lolos dari spam filter blogspot.
Kekurangan SEO blogspot dan solusinya? silakan sobat blogger semua baca artikel dibawah ini, kekurangan apa saja yang dimiliki blogspot dalam hal optimasi SEO dan bagaimana solusinya.

1. Template 
Template dapat dikatakan menjadi kekurangan utama engine Blogspot dalam optimasi SEO. Dari segi tampilan, template Blogspot memang tidak kalah dengan engine lain. Beraneka warna dan di design oleh para pakar skin face. Namun jika dicermati, terkadang template blogspot banyak eror yang terjadi. Banyak template yang dibuat tidak mematuhi kaedah valid. Sehingga pada akhirnya terdapat error baik pada format XHTML maupun CSS Coding Style-nya. Namun yang menjadi pertanyaan, template yang saya gunakan untuk blog  Asrizal | Tutorial Blog | Belajar SEO juga ada beberapa error dan tidak valid, anehnya ada beberapa posting yang menembus halaman satu pada SERP Google. Silakan untuk cek dan membuktikannya. Mungkinkah valid hanya mempunyai peranan kecil dalam SEO Blogspot? Untuk mengecek apakah template yang anda gunakan sudah valid atau belum gunakan tool dari W3C Validator.
Solusi:
Gunakan template blogspot valid XHTML maupun CSS. Sobat dapat mencoba template yang di design oleh sobat choen (deconstructioncode.blogspot.com). Tampilanya simple, tetapi sudah valid pada XHTML nya. jika memang tertarik, silakan download disini dan baca manulanya di blog sobat Cheon.
2. Gadget Bawaan Blogspot
Blogspot menyediakan begitu banyak widget penuh manfaat yang menunjang para penggunanya. Namun dibalik itu semua widget yang disediakan Blogspot juga menyimpan begitu banyak error. Contoh kecil, widget "Quick Edit Post" (quick edit post blogspot) ataupun widget "Quick Edit Widget" (quick edit widget blogspot) yang sangat bermanfaat juga mempunyai jumlah error yang tidak sedikit meskipun sangat bermanfaat. Blogger Navbar yang notabene wajib dipasang pada setiap blog (menurut T.O.S) juga menjadi sumber error. Masih banyak widget lain yang menyimpan error, seperti Arsip yang dapat menyebabkan duplicate link/ spam.
Baca : Membuat Navbar Blog Autohide TransparanSolusi:
Gunakan sebijaksana mungkin gadget yang disediakan. Gunakan widget yang memang diperlukan dan layak untuk ditampilkan. Untuk widget diluar blogspot (seperti counter, ads, dll) usahakan pasang di template bukan di widget "HTML/Java Scripts".
3. Alamat Link Pada Posting Terbatas
Ini juga berpengaruh besar terhadap nilai SEO Blogspot di mata search engine. Coba perhatikan alamat url dari posting ini. /2010/06/kekurangan-SEO-blogspot-dan-solusinya.html dan judulnya Kekurangan SEO Blogspot dan Solusinya Secara Tepat. Kata "Secara Tepat" tidak masuk dalam alamat url sehingga mengurangi banyaknya keywords yang di targetkan. Jika hendak merujuk ke kaedah yang tepat maka url harusnya menjadi demikian /2010/06/kekurangan-SEO-blogspot-dan-solusinya-secara-tepat.html ,sehingga sesuai dan selaras dengan judul posting. Kita ambil kesimpulan bahwa, tidak seluruh judul postingan akan menjadi alamat url artikel blog kita. Melainkan akan terpangkas sampai 6 kata saja. Efeknya jelas, target keyword posting kita akan berkurang dan berdampak pada hasil result pada SERP.
Solusi :
Ketika akan memposting artikel, cobalah untuk menggunakan judul berupa garis besar/kesimpulan/kata utama dari isi postingan hingga maksimal 6 kata saja . Lanjut, setelah artikel di publish, segera edit judul seperti yang lengkap yang kita inginkan. Contoh alamat url posting ini https://www.asrizal.web.id/2010/06/kekurangan-SEO-blogspot-dan-solusinya.html, setelah artikel ini di terbitkan, kemudian saya ganti judulnya menjadi Kekurangan SEO Blogspot dan Solusinya Secara Tepat.
4. Format Link Pada Category/Labels
https://www.asrizal.web.idsearch/label/Seo Pada dasarnya mesin blogspot tidak memiliki kategori yang sesungguhnya. Sebagian besar blogger memanfaat fitur "label" sebagai kategori mereka.

Ane coba analisis pada robots.txt-nya blogspot dan mendapati bahwa setiap alamat url yang mengadung "/search" tidak akan di follow oleh robot google dan mengakibatkan alamat tersebut tidak di index oleh google. Alamat url label blogspot (contoh :https://www.asrizal.web.idsearch/label/Seo) juga mengandung "/search". Ini artinya label blogger tidak akan di index google dan sebuah link menuju label blogspot tidak akan dianggab sebagai backlink.
Solusi : Gunakan tag "nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada posting maupun pada sidebar. Ingat ! memberikan backlink menuju sebuah alamat url label pada blogspot adalah hal yang sia-sia.
5. CSS Bawaan Blogspot (Inject)

Masalah validasi CSS ini agak sulit karena CSS bawaan blogger (injek) tidak dapat kita edit pada fasilitas "Edit HTML", karena pasti saja ada error pada tiap template Blogspot. Template Valid butan sobat Cheon seperti yang saya paparkan di atas juga ada errornya sekitar 33.
Solusi:
Seperti pada masalah validasi diatas, Gunakan template yang valid buatan sobat Cheon diatas. meskipun ada error juga pada CSS, tapi lumayan jumlahnya lebih sedikit dari kebanyakan template Blogger.
Mungkin hanya itu yang dapat saya paparkan. Sebenarnya masih banyak Masalah SEO Pada Engine Blogspot, dan mungkin sobat blogger semua memiliki pengalaman lain mengenai kekurangan SEO Blogspot dan solusinya atau pengetahuan lain mengenai hal ini, mohon untuk berbagi dengan mengutarakannya dalam komentar.
-----Semoga Bermanfaat-----
×