Notification

×

Mengatasi Printer Canon ip2770 Blink Berkedip 5 Kali

27 August 2021 | 21:44 WIB Last Updated 2021-09-21T15:11:56Z

Mengatasi Printer Canon ip2770 Blink Berkedip 5 Kali
Mengatasi Printer Canon ip2770 Blink Berkedip 5 Kali - Asrizal Wahdan Wilsa Sharing Media. Pernahkah anda mengalami kondisi dimana printer canon ip2770 yang anda miliki secara tiba-tiba tidak dapat melakukan proses print/mencetak dan muncul indikator berkedip pada tombol resume berwarna orange sebanyak 5 kali. Penyebab dari printer canon ip2770 blink berkedip 5 kali tersebut biasanya disebabkan oleh kerusakan cartridge printer dan rumah cartrige printer tersebut. Kerusakan tersebut umumnya adalah karena adanya kotoran baik berupa debu atau bercak tinta dan juga kerusakan pada unit cartridge dan rumah cartridge. Jika anda menemukan kondisi tersebut, janganlah panik, silakan anda mencoba beberapa tips berikut agar masalah tersebut dapat segera teratasi dan printer dapat mencetak seperti sedia kala.


Tips mengatasi printer canon ip2770 blink berkedip 5 kali


Periksa bagian chip cartridge canon ip2770

Periksalah bagian chip cartridge baik yang hitam (PG-810) ataupun yang warna (CL-811), caranya yaitu buka bagian penutup printer, kemudian rumah cartridge akan secara otomatis bergerak ke bagian tengah printer saat penutup printer dibuka, jika posisi rumah cartridge sudah berada dibagian tengah bukalah pengunci cartridge dengan hati-hati. Selanjutnya, keluarkan cartridge dari rumah cartridge printer canon ip2770 anda, lihatlah bagian chip apakah terdapat kotoran atau bercak tinta, jika ada silakan bersihkan dengan menggunakan alkohol dan lap dengan menggunakan tissue secara hati-hati, kemudian pasang kembali cartridge tersebut dan lihat apakah indikator blink berkedip orange 5 kali tersebut sudah hilang atau belum. Jika belum, silakan lanjutkan ke tahapan kedua.

Bersihkan bagian chip cartridge canon ip2770 yang berkerak atau terkena bercak tinta


Bersihkanlah bagian chip cartridge canon ip2770 anda dengan menggunakan ujung pisau cutter dengan hati-hati, meskipun chip sudah dibersihkan dengan menggunakan alkohol dan terlihat bersih, namun biasanya ada kotoran yang bersifat mikroskopis yang menghalangi koneksi chip dengan rumah cartridge sehingga menyebabkan cartridge tidak terdeteksi. Maka dari itu, bersihkanlah secara perlahan chip cartridge canon ip2770 anda secara perlahan dan hati-hati dengan menggunakan ujung pisau cutter. jika sudah dirasa bersih, silakan pasangkan kembali cartridge canon ip2770 anda dan lihatlah apakah indikator blink berkedip 5 kali tersebut sudah hilang? jika masih belum, silakan lanjutkan ke tahapan ketiga.

Bersihkan bagian konektor pada rumah cartridge canon ip2770

Bersihkanlah bagian konektor pada rumah cartridge canon ip2770 dengan menggunakan tissue yang sudah diberi alkohol. Bersihkan secara perlahan apakah konektor pada rumah cartridge tersebut kotor karena bercak tinta ataupun debu yang menempel. Jika konektor telah anda bersihkan, selanjutnya pasangkan kembali cartridge canon ip2770 tersebut ke rumah cartridge, selanjutnya lihat kembali indikator blink berkedip 5 kali tersebut apakah sudah hilang? Jika masih belum, silakan lanjutkan ke tahapan keempat.

Lakukan pengecekan cartridge dan rumah cartridge

Lakukanlah pengecekan cartridge dan rumah cartridge canon ip2770 anda. Cobalah dengan menggunakan cartridge dengan tipe yang sama Black PG-810 dan Color CL-811 dari printer lain dengan kondisi normal. Jika tidak ada cartridge baik dari orang di sekitar anda, ataupun rekan-rekan anda, anda bisa membelinya secara online dengan kata kunci "Cartridge Canon ip2770 Detect Only" dengan harga dibawah 30 ribu untuk 1 jenis cartridge.

Jika setelah dilakukan percobaan dengan cartridge dari printer yang lain ternyata printer anda berfungsi sebagai mana mestinya maka dapat dipastikan kerusakan tersebut berasal dari cartridge yang sudah rusak. Namun, apabila cartridge dari printer lain yang dipasangkan ke printer anda dan masih mengalami masalah blink berkedip 5 kali maka kerusakan tersebut berasal dari rumah cartridge canon ip2770 milik anda.

Berikut adalah empat tahapan untuk Mengatasi Printer Canon ip2770 Blink Berkedip 5 kali, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan melalui sosial media anda, terima kasih.
×