Notification

×

Kategori Artikel

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10

05 Oktober 2021 | 22:12 WIB Last Updated 2021-10-05T15:57:59Z

Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10

Performa laptop merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang kinerja para penggunanya. Dengan performa laptop yang baik, tentu segala bentuk pekerjaan yang sedang kita kerjakan akan terasa mudah. Salah satu penunjang dalam mempertahankan performa laptop tersebut adalah dengan selalu memperbarui sistem windows kita. Perbaruan sistem windows ini merupakan hal yang penting, karena selain memperbarui berbagai macam bugs atau error pada windows, perbaruan atau update windows ini juga merupakan salah satu upaya menjaga celah keamanan windows yang kita gunakan.

Windows 10 merupakan windows yang saat ini menjadi generasi windows yang populer dikalangan penggunanya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, windows 10 mampu menjawab seluruh kebutuhan para penggunanya sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Namun seiring berkembangnya teknologi tersebut, sistem update pada windows pun berubah dengan mengikuti perkembangan tersebut. Tidak sedikit para pengguna windows 10 ini yang mengeluhkan adanya masalah setelah melakukan update windows. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri, karena tidak semua pengguna windows 10 ini memiliki hardware yang tidak seupdate sistem windows 10 yang selalu melakukan pembaruan. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan setelah update sistem windows 10 yaitu performa laptop yang menurun. Berikut beberapa penyebab dan tips untuk mengatasi performa laptop menurun setelah update windows 10.

Penyebab Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10

 

1. Spesifikasi Laptop yang Rendah

Sebelum memperbarui/mengupdate sistem windows 10 ke versi terbaru, diharapkan anda mengetahui syarat minimum yang dibutuhkan untuk update terbaru windows 10 tersebut. Dengan mengetahui syarat spesifikasi minimum ini maka anda akan terhindar dari menurunnya performa windows karena pembaruan sistem windows 10 ini.

2. Memori Local Disk C yang Penuh

Selain daripada spesifikasi laptop yang rendah, penyebab lain yang mengakibatkan performa laptop menurun pasca update windows 10 yaitu penuhnya local disk C (system). Penuhnya local disk C ini biasanya disebabkan oleh file sampah atau temp yang sudah tidak lagi digunakan. Pada umumnya, para pengguna windows 11 mengabaikan hal tersebut padahal dengan selalu memperhatikan memory local disk C tersebut selain untuk mengatasi performa laptop dapat menjadi lambat, salah satunya yaitu menyediakan ruang lebih untuk penyimpanan data. 
 

Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10


Cara Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10 dengan membersihkan local disk C:

  • Buka windows pencarian, kemudian ketikkan Disk Cleanup. Setelah muncul buka disk cleanup tersebut.
  • Kemudian akan muncul dialog select the drive you want to cleanup pilih C dan klik OK.
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul dialog seperti dibawah ini, pilih Cleanup System Files.
Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10
  • Sekarang akan muncul dialog seperti dibawah ini. Jika sudah tidak terdapat tulisan cleanup system files, silahkan checklist semua pilihannya pada files to delete.
Mengatasi Performa Laptop Menurun Setelah Update Windows 10
  • Pilihan file yang akan dihapus
  • Jika sudah, klik OK dan tunggu proses tersebut sampai selesai.
  • Setelah selesai, silakan restart dan cek laptop anda, apakah performa laptop mengalami perubahan?
Akhir Kata
Menurunnya performa laptop tentu bukan hanya disebabkan oleh kedua faktor yang telah saya paparkan di atas. Mungkin ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab menurunnya performa laptop setelah update windows 10. Dugaan lain yang ditengarai menjadi penyebab yaitu Proses Update Tidak Lengkap, maka dari itu, pastikan pula bahwa proses update windows 10 ini sudah lengkap sebelum akhirnya kita memulai ulang perangkat atau mematikan perangkat setelah update.
×
Artikel Terbaru Update