Notification

×

Iklan

Iklan

Pengertian dan Cara Memasang Ads.txt Google Adsense

31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB Last Updated 2021-11-18T12:58:40Z

Pengertian dan Cara Memasang Ads.txt Google Adsense
Ilustrasi Ads.txt Google Adsense

 

Pengertian dan Cara Memasang Ads.txt Google Adsense - Bagi anda pemilik akun google adsense mungkin sudah pernah mendengar istilah ads.txt pada google adsense. Belakangan ini google adsense semakin ketat dalam menyeleksi para calon publisher atau penayang iklan dari google adsense. Tidak hanya para publisher/penayang baru, akan tetapi yang telah bermitra sebelumnya pun saat ini selalu dilakukan peninjauan ulang terkait kesesuaian publisher/penayang dengan kebijakan google adsense.

 
Di tahun 2021, para pemilik akun google adsense tentu sudah tidak asing lagi dengan notifikasi atau pemberitahuan terkait dengan ads.txt pada akun google adsense.  Sebagian menganggap bahwa pemberitahuan tersebut terkesan menakutkan. Bagaimana tidak, untuk dapat diterima menjadi penayang iklan dari google adsense saja sudah sulit, kemudian kita mendapatkan notifikasi bahwa "Penghasilan Anda Beresiko" dan anda diwajibkan untuk memasang file ads.txt pada penyedia layanan (hosting) website atau blog. Hal tersebut tentu sangat mengagetkan para pemilik akun google adsense, apakah akun google adsense ataukah media penayang berupa website atau blog mengalami masalah dsb. 

Namun, anda tidak perlu khawatir, sebelum lebih jauh membahas mengenai ads.txt dan cara memasangnya, berikut definisi lengkap dari ads.txt tersebut.

 

A. Definisi dan Fungsi Ads.txt


Ads.txt bukan singkatan dari adsense atau yang lebih kita kenal dengan iklan, akan tetapi merupakan singkatan dari Authorized Digital Sellers. File ads.txt tersebut dibuat oleh IAB Tech Lab untuk melindungi advertiser dan publisher dari tindakan spoofing, fraud seller, fake click dan lain sebagainya. Secara tidak langsung, file ads.txt akan membuat iklan tampil lebih optimal karena dengan memasang file Ads.txt di website atau blog, karena iklan yang tampil akan sesuai dengan konten dan juga kepemilikan dari penayang dapat diverifikasi sesuai dengan Id publisher google adsense. Dengan begitu, iklan google adsense tidak dapat tayang disembarang website atau blog sebelum benar-benar terverifikasi.

B. Cara Manual Membuat File Ads.txt Google Adsense

Download atau unduh file ads.txt melalui akun google adsense atau melalui plugin ads
 
1. Membuat file ads.txt (secara manual)
  1. Klik kanan pada dekstop pc anda
  2. Pilih text document dan buat file baru dengan nama ads. Extension file text document adalah .txt jadi anda tidak perlu menulis “ads.txt”.
  3. Salin baris kode berikut berdasarkan status publisher yang dimiliki.
  4. Contoh: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Dengan perincian sebagai berikut:
  1. google.com yaitu merupakan perusahaan penyedia layanan adsensenya.
  2. pub-0000000000000000 yaitu kode publisher yang dapat ditemukan di halaman Adsense → Account → Account Information → Publisher ID.
  3. DIRECT yaitu memberikan tanda bahwa anda merupakan seorang publisher yang memiliki kontrol penuh terhadap akun dan tidak menjual slot iklan ke pihak ketiga.
  4. RESELLER yaitu berarti bahwa anda merupakan seorang publisher yang juga menjual slot iklan ke pihak ketiga.
  5. f08c47fec0942fa0 yaitu kode pengenal bagi Google.
  6. klik File → Save (CTRL+S) file tersebut.

2. Download Melalui Akun Google Adsense (hanya muncul jika website/blog belum terpasang file ads.txt).
  • Login ke akun AdSense.
  • Pada peringatan di beranda, klik Perbaiki sekarang.
  • Klik Panah arah bawah untuk membuka pesan “Buat file ads.txt untuk ...”.
  • Klik Download. File ads.txt Anda akan terunduh secara otomatis.

3. Membuat File Ads.txt Melalui Plugin

Bagi anda pengguna wordpress, anda dapat memanfaatkan plugin wordpress yang mempunyai fungsi membuat file ads.txt. Pilihannya sangat banyak, anda dapat memilih jenis plugin yang anda sukai melalui laman berikut ini : Plugin Ads.txt Wordpress.

C. Memasang File Ads.txt (Blogger dan Wordpress)


Setidaknya ada 2 cara untuk memasang file ads.txt pada penyedia layanan hosting website atau blog.

1. Cara Memasang atau Mengupload File Ads.Txt di Blogger

  • Masuklah ke akun blogger anda masing-masing
  • Buka menu setelan
  • Gulir ke bagian bawah dan anda akan menemukan "Aktifkan robots.txt kustom" pada bagian Monetisasi
  • Bukalah file ads.txt yang telah anda unduh dari akun google adsense yang anda miliki
  • Masukkanlah dengan cara copy isi dari file ads.txt, kemudian paste pada bagian ads.txt kostum di setelan monetisasi blogger anda
  • Selanjutnya klik simpan

2. Cara Memasang atau Mengupload File Ads.Txt di Wordpress Secara Manual

Berikut adalah cara mengupload file ads.txt ke situs wordpress secara manual tanpa plugin. 
  1. Buka cPanel akun hosting yang anda miliki ataupun dengan mengetikkan nama website yang diikuti dengan /cpanel.
  2. Pilih File Manager.
  3. Pada daftar folder, double-click pada root directory atau direktori induk website wordpress yang ingin anda pasangi ads.txt
  4. Klik menu Upload.
  5. Upload file ads yang telah anda buat secara manual atau yang diunduh dari laman akun google adsense.
  6. Jika file ads.txt telah diupload, kembali ke halaman File Manager kemudian klik Reload. Selesai.

 

3. Cara Memasang atau Mengupload File Ads.Txt di Wordpress Menggunakan Plugin

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengupload file ads.txt yaitu dengan menggunakan plugin. Cara ini merupakan alternatif bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mengupload file ads.txt melalui cPanel. Lakukanlah tahapan berikut:
  1. Instal plugin bernama Ads.txt Manager (atau sejenisnya) di situs WordPress.
  2. Kemudian, masuklah ke menu Settings → Ads.txt → masukan kode ads.txt yang telah anda buat secara manual atau yang telah diunduh dari laman akun google adsense.
  3. Simpan / Save Changes. Selesai

D. Memeriksa File Ads.txt yang Telah Terpasang Pada Website atau Blog


Untuk memeriksa keberadaan file ads.txt cukup mudah, yaitu dengan memasukkan namawebsite.com/ads.txt pada address bar browser yang anda gunakan

Untuk melihat adanya kesalahan penulisan di dalam kode, anda dapat memanfaatkan tools bernama Ads.txt Validator.
 
Masukkanlah laman website atau blog yang anda miliki, kemudian klik Get Your Free Report. Ads.txt Validator akan memberi tahu apakah file ads.txt yang terpasang di website atau blog telah valid atau belum. Jika belum, anda pun akan diberi tahu sumber masalah dan juga cara penyelesaiannya.

Jika anda menemui masalah, alternatif lain yang dapat anda gunakan yaitu dengan membaca halaman support google berikut ini : Google Adsense Support.
 

Akhir Kata

File ads.txt merupakan pemberitahuan atau notifikasi dari google adsense sebagai pengontrol atau pendeteksi berbagai macam kategori website atau blog sehingga dapat menampilkan iklan yang tepat sesuai dengan konten. Tidak hanya itu, file ads.txt juga merupakan cara yang digunakan oleh google adsense bersama Tech Lab untuk mendeteksi berbagai macam pelanggaran kebijakan google adsense. Jika anda mendapatkan pemberitahuan ads.txt, segeralah upload, karena dengan memasang file ads.txt pada website atau blog akan memberikan dampak baik bagi publisher atau penayang iklan dari google adsense.

×
Artikel Terbaru Update