Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

2 Cara Menonaktifkan Talkback Di HP Xiaomi/Redmi

Selasa, 30 November 2021 | 21.58 WIB Last Updated 2022-01-03T01:41:26Z

2 Cara Menonaktifkan Talkback Di HP Xiaomi/Redmi
Ilustrasi Talkback Hp Xiaomi

 

2 Cara Menonaktifkan Talkback Di HP Xiaomi/Redmi - Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Ketika Charger dilepas. Nah, pada artikel kali ini, saya akan memaparkan mengenai cara untuk menonaktifkan talkback pada hp xiaomi ataupun redmi. Pernah tidak hp xiaomi kamu bunyi suara wanita seperti google voice assistant saat layar disentuh ? Jika iya .. itu artinya fitur talkback aktif tanpa kamu sadari.

Lantas bagaimana cara menonaktifkan talback di hp xiaomi/redmi tersebut ? Sebab jika aksebilitas talkback tidak dimatikan kamu pasti tidak akan bisa menggunakan hp tersebut, bahkan untuk membuka layar kunci sekalipun.

Sebab kamu tidak akan bisa mengusap layar, hp akan bunyi sendiri dan muncul kotak hijau / biru saat talkback android belum di non aktifkan.

Sebenarnya untuk mematikan talkback di hp xiaomi/redmi, dapat kamu lakukan dengan 2 cara yakni lewat pengaturan pintasan aksebilitas dan kombinasi tombol power + volume. Dan kali ini saya akan memberikan cara mengatasi hp bunyi sendiri dengan 2 langkah tersebut.

Talkback merupakan fitur yang digunakan untuk membantu para tuna netra (memiliki keterbatasan penglihatan) agar dapat mengoperasikan sebuah smartphone android.

Ketika fitur talkback diaktifkan, semua fitur yang ada dalam hp android tersebut akan berubah menjadi feedback berbentuk suara (screen reader) dan getaran, dengan tujuan mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan bisa mengetahui fitur - fitur yang ada pada perangkat android.

Selama kamu belum menonaktifkan fitur talkback tersebut, semua sentuhan pada layar hp akan diubah dalam bentuk suara.


Navigasi Saat Talback Aktif

Untuk mengoperasikan hp ketika talkback xiaomi aktif, navigasi yang perlu kamu lakukan adalah ketuk setiap menu 1 kali setelah itu ketuk lagi sebanyak 2 kali untuk mengkonfirmasi setiap menu.

Untuk menggeser menu, kamu juga harus mengusap layar menggunakan 2 jari. Jadi cara membuka layar kunci saat talkback aktif adalah dengan mengusap layar hp xiaomi kamu tersebut menggunakan 2 jari.


Cara Menonaktifkan Talkback Di HP Xiaomi/Redmi


1. Cara Menonaktifkan Talkback Xiaomi Lewat Kombinasi Tombol

Cara mematikan talkbalk di hp xiaomi, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol di samping hp.

Langkah - langkahnya :

  1. Tekan tombol power lalu ketuk 2 kali pada Power Off untuk mematikan hp xiaomi.
  2. Dalam kondisi mati, tekan tombol power kembali diikuti dengan tombol volume atas + volume bawah secara bersamaan selama 3 detik.
  3. Restart hp xiaomi.
  4. Tekan tombol Power untuk menghidupkan hp kamu dan otomatis Talkback akan nonaktif.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menonaktifkan pembaca layar lewat pengaturan aksebilitas.


2. Cara Menonaktifkan Talback Di HP Xiaomi Lewat Pengaturan

Untuk menghilangkan talkback lewat pengaturan, kamu perlu mengingat navigasi tombol yang telah kita bahas tadi.

Ketuk 1 kali lalu ketuk 2 kali untuk memilih menu dan usap 2 jari untuk menggeser layar. Berikut langkah - langkah untuk nonaktifkan talkback xiaomi tersebut :

  1. Pertama usap menggunakan 2 jari untuk membuka layar hp xiaomi yang sedang terkunci.
  2. Lalu masuk ke Pengaturan >> pilih Setelan tambahan.

    setelan tambahan

  3. Kemudian pilih Aksebilitas.

    menu aksebilitas

  4. Setelah itu pilih menu TalkBack.

    pengaturan talkback

  5. dan nonaktifkan pengaturan Talkback pada menu Aksebilitas dengan mengetuk 2 kali.

    menonaktifkan aksebilitas

Untuk mempermudah masuk ke pengaturan hp android saat talkback sedang aktif, mungkin video pada hp vivo ini bisa menjadi referensi kamu.


Sebab .. pada dasarnya cara memperbaiki hp yang berbicara sendiri ini kurang lebih hampir sama, hanya letak pengaturannya saja yang berbeda.

Jadi selain hp xiaomi, menonaktifkan talkback ini juga bisa kamu terapkan di semua hp android seperti hp vivo, oppo, realme, ataupun samsung.