Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Jika Charger Dilepas

Selasa, 30 November 2021 | 21.56 WIB Last Updated 2022-01-03T01:41:39Z

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Jika Charger Dilepas
Ilustrasi Charger HP

 

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Jika Charger Dilepas - Bagaimana cara mengatasi hp mati sendiri jika charger dicabut ? Tentu kondisi seperti ini akan sangat mengganggu karena hp hanya bisa hidup ketika di cas saja. Kejadian tersebut tentu sangat mengganggu, sama seperti ketika anda mengalami masalah Pulsa Terpotong Sendiri Secara Otomatis.

Masalah ini baru saja saya alami beberapa hari yang lalu, dimana selalu saja hp mati sendiri jika charger dicabut atau dilepas.

Jadi jika hp sedang terhubung dengan charger bisa hidup, namun charger dicopot hp mati sendiri.

Pernah juga saya coba untuk menggunakan hp sambil di charge, bisa hidup selama sekitar 30 menit setelah itu mati total lagi. Dan saat dihidupkan kembali hanya mentok sampai di logo lalu mati sendiri lagi.

Setelah mencari informasi dari beberapa sumber, ternyata penyebab hp mati sendiri ketika charger dicabut ini berasal dari kerusakan komponen hardware bukan softwarenya. Dan itu karena baterai hp yang rusak.


Jadi bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, coba cara memperbaiki hp mati jika charger dicopot seperti yang berhasil saya lakukan ini. Sebab langkah ini bisa kamu aplikasikan di semua hp android seperti xiaomi, realme, vivo, oppo ataupun samsung sekalipun.

Perlu kamu ketahui, kebiasaan buruk menggunakan handphone sambil mengisi daya menjadi alasan jelas kenapa hp mati sendiri jika charger dilepas tersebut terjadi pada perangakat android yang saya gunakan.

Mengapa demikian ? Sebab hal tersebut dapat mengakibatkan hp panas saat dicas sehingga bisa merusak komponen didalamnya.

Dan berikut beberapa kerusakan komponen perangkat android yang bisa menjadi penyebab hp dicas nyala dicabut mati tersebut, diantaranya :

1. Baterai Longgar, kondisi dimana kuningan pada kepala baterai terhadap konektor di hp android terlalu longgar. Sehingga ketika hp dicas bisa hidup karena arus langsung masuk melalui konektor charger namun setelah dicabut akan mati lagi.

2. Konektor Baterai Longgar, masalah konektor baterai yang longgar maka secara otomatis hp tidak akan memiliki daya karena tidak terhubung dengan baterai hp.

3. Baterai HP Rusak, baterai rusak bisa menyebabkan tegangan menjadi drop sehingga tidak akan kuat untuk menghidupkan perangkat kamu tersebut.

4. Kepala Baterai Rusak, hampir 70% masalah hp mati ketika charger dilepas disebabkan karena kerusakan kepala baterai. Saya juga mengalaminya ..

5. IC Charging Rusak, biasanya akan ditandai dengan performa baterai menjadi ngedrop dan jika terjadi koslet pada IC Charging efeknya charge sangat lama tapi tidak mengisi baterai hp.

Dan memang benar, hampir 70% masalah hp mati jika charger dicopot padahal setelah dicas langsung nyala disebabkan oleh kepala baterai yang rusak. Sebab saya sendiri sudah mencobanya dan infomasinya sudah dicoba di berbagai forum hp android.

 

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri Apabila Charger Dilepas

Jika kamu mengalami hal seperti ini :

  • hp mati nyala saat di charger.
  • hp bisa nyala jika sambil di cas.
  • hp xiaomi mati saat cas dicabut.
  • hp mati sendiri padahal baterai penuh.
  • cas dicabut hp mati.
  • hp mati jika charger dilepas.
  • hp baru bisa hidup jika di cas.
  • hp di cas nyala tapi dicabut mati.
  • hp mati sendiri padahal baterai penuh.

maka coba cara mengatasi hp mati sendiri jika charger dicabut berikut ini :


1. Ganti Baterai HP Dengan Yang Baru

Cara termudah untuk mengatasi hp kalo tidak sambil di charge tidak menyala adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh mereka yang pernah mengalaminya, ini salah satu komentarnya di forum xiaomi indonesia :


ganti baterai hp baru
2. Jumper Baterai HP

Trik jumper baterai hp adalah memperbaiki baterai yang rusak dengan menggunakan kabel jumper. Cara ini bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kepala baterai hp yang rusak, baik itu baterai non removeble ataupun baterai tanam.

Gambaran sederhana cara jumper baterai hp android yang pertama perlu kamu lakukan adalah dengan melepas baterai >> kemudian ambil saja Kawat Jumper >> lakukan ambil solder dan panaskan.

Contohnya seperti gambar dari www.adanichell.com di bawah ini :


jumper baterai hp

Trik jumper kepala baterai ini cukup efektif bagi kamu yang belum memiliki dana untuk mengganti baterai hp yang baru, mengingat harga baterai hp baru memang tidaklah murah.

Apabila kamu sudah mengganti baterai, seharusnya tidak akan muncul lagi masalah seperti :

  • Tiba - tiba hp mati sendiri padahal batre masih ada.
  • HP susah dinyalakan.
  • HP restart sendiri (hanya sesekali,tidak sering).
  • Masuk ke menu utama terlalu lama (booting.