Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Yang Tidak Bisa Dicharge

Minggu, 28 November 2021 | 20.48 WIB Last Updated 2022-01-03T01:42:48Z
Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Yang Tidak Bisa Dicharge
Ilustrasi Headset Bluetooth

 
Pernahkah anda mengalami masalah dimana headset bluetooth tidak bisa di cas / di charge seperti halnya perangkat xiaomi yang tidak bisa di charge? Jika pernah, kamu tidak sendiri karena beberapa hari yang lalu saya juga mengalami masalah yang sama.

Dimana headset bluetooth tidak bisa dicas padahal beli baru, alhasil selain tidak bisa dicharge headset bluetooth juga tidak bisa nyala.

Namun setelah membawa headset bluetooth ke counternya kembali, saya mendapatkan ilmu baru untuk mengatasi bluetooth headset yang mati total tersebut.

Dan cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa dicas bisa kalian lihat pada langkah - langkah di bawah ini. 

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Tidak Bisa di Charge

Perlu kalian ketahui ada banyak penyebab kenapa headset bluetooth / airpot tidak bisa dicas, misalnya saja seperti baterai headset rusak, kabel headset rusak atau port rusak.  Meskipun demikian, coba beberapa langkah berikut karena cara ini bisa kalian terapkan di semua merk headset bluetooth seperti inpods 12, tws i12, headset bluetooth jbl ataupun lainnya.

1. Cas Lama Headset Bluetooth


Jika headset bluetooth yang baru saja kamu beli tidak bisa dicas bisa jadi dikarenakan voltase pada baterai inpods tersebut terlanjur kosong. Tanda baterai inpods habis bisa kalian ketahui dengan ciri - ciri :
  1. Pertama, headset bluetooth tidak masuk saat dicas yang ditandai dengan lampu indikator tidak hidup saat ngecas.
  2. Kedua, tidak ada lampu indikator hidup saat headset blutooth digunakan. Untuk itu solusi ngecas headset bluetooth tidak masuk adalah dengan cara hubungkan pengisian daya / charger headset bluetooth sampai lampu indikator berkedip. 

 

Berapa Lama Ngecas Headset Bluetooth Seperti Inpods 12 ?


Untuk pengalaman saya sendiri, saya mengecas headset buetooth selama semalam penuh.

Meskipun sebenarnya sekitar 1 sampai 2 jam saja lampu indikator sudah mulai berkedip yang menandakan headset bluetooth mulai terisi daya.

Tanda Baterai Headset Bluetooth Penuh

Untuk mengetahui baterai headset bluetooth sudah terisi penuh dapat kamu ketahui dengan melihat lampu indikatornya. Jika lampu indikator tidak berkedip atau nyala terus bisa dipastikan baterai headset bluetooth sudah penuh. Apabila kamu menggunakan inpods 12, kamu bisa melihat persentase baterai headset inpods 12 sudah penuh di layar smartphone setelah terhubung atau pairing.


2. Ganti Kabel USB Headset Bluetooth


Mengganti kabel USB yang digunakan untuk mengisi daya baterai headset bluetooth bisa kalian coba lakukan apabila cara pertama sekiranya belum membuahkan hasil. Namun sebelum kamu mengganti kabel usb headset bluetooth, pastikan terlebih dahulu konektor dengan lubang port harus sama.

3. Ganti Kepala Charger Headset

Jika dengan mengganti kabel usb headset bluetooth masih tidak bisa dicas coba ganti kepala charger tersebut. Kamu bisa menggunakan kepala charger dari smartphone yang kalian miliki. Namun pastikan gunakan kepala charger yang memiliki arus yang hampir sama dengan kepala charger bawaan headset bluetooth tersebut.

4. Garansikan Kembali

Jika headset bluetooth yang kamu miliki di cas tidak bisa masuk sejak pertama kali beli baru, alangkah lebih baiknya bawa kembali ke tempat kamu membelinya. Biasanya masih ada garansi toko selama satu hari sejak pembelian. Dengan membawanya kembali, toko headset bluetooth tersebut tentu memiliki solusinya. Baik itu di service dahulu ataupun langsung diganti dengan yang baru.