Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar

Senin, 27 Desember 2021 | 22.20 WIB Last Updated 2022-01-03T01:29:44Z

Cara Mengatasi Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar
Ilustrasi Icon Headset Android

 

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas berbagai macam fitur tersembunyi pada handphone xiaomi dan redmi. Masih seputar android, tips kali ini yaitu mengenai cara mengatasi icon headset android tidak mau hilang meskipun sudah dalam kondisi headset tidak terpasang. Pernahkah anda mengalami kondisi demikian? Jika pernah, tentu anda bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi padahal sebelumnya kondisi gadget anda baik-baik saja. Permasalahan tersebut juga pernah saya alami sendiri, ketika selesai melakukan webinar, tiba-tiba handphone yang saya miliki tidak mengeluarkan suara sama sekali, padahal setelah saya cek volume semuanya dalam kondisi normal.

 

Setelah saya perhatikan, dibagian status bar (bagian atas layar android) muncul icon headset padahal headset sudah saya lepaskan atau cabut dari perangkat. Karena permasalahan tersebut, handphone saya hanya dapat mengeluarkan suara atau nada ketika headset terpasang dan hanya mengeluarkan suara melalui headset tersebut saja. Setelah mencoba bertanya ke forum mi community, akhirnya saya mendapatkan jawabannya, usut punya usut penyebabnya yaitu dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

 

Penyebab Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar

  1. Lubang headset kotor karena debu
  2. Malfungsi penggunaan headset, earphone, atau speaker eksternal yang salah, tidak sesuai, sehingga terjadi kerusakan/error pada jalur komponen yang berhubungan dengan lubang port headset.
  3. Kerusakan port headset pada handphone

 

Cara Mengatasi Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar

Beberapa solusi alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi icon headset android tidak mau hilang di status bar yaitu:

  1. Pertama cobalah pasangkan dan lepaskan jack headset atau earphone anda secara terus menerus dengan hati-hati sampai indikator headset di status bar menghilang
  2. Kedua jika cara di atas belum berhasil tiuplah lubang port headset secara lembut hingga bertenaga, atau hisap lubang port dengan hati-hati.
  3. Ketiga jika cara di atas masih belum berhasil, anda dapat menggunakan cotton buds, katenbat, korek kuping (yang ada lapisan/buntelan kapas) dengan menggunakan sedikit air, atau bisa juga dalam kondisi kering.
  4. Keempat jika membersihkan port headset dengan cuttonbuds belum berhasil masukan jack headset setengah masuk lalu sentil-sentil dengan perlahan, atur kedalaman bervariasi, lakukan dengan hati-hati.
  5. Kelima lakukan panggilan lalu aktifkan mode loud speaker dan icon headset akan hilang dengan sendirinya
  6. Keenam cara terakhir (temporer) yaitu dengan mengunduh aplikasi Headset Toggle di playstore, aktifkan toggle pada aplikasi tersebut maka anda akan bisa kembali mendengarkan lagu dan notifikasi tanpa headset atau earphone.
 
Cara Mengatasi Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar

 

Apabila keenam tips di atas tidak berhasil dalam mengatasi Icon Headset Android Tidak Mau Hilang di Status Bar, besar kemungkinan bahwa permasalahan tersebut terjadi karena kerusakan hardware. Jika sudah dalam kondisi tersebut, alangkah baiknya anda membawa handphone kesayangan anda ke Service Center atau jasa service yang berpengalaman.