Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Menghidupkan Android Mati Total Akibat Tombol Power Rusak

Selasa, 28 Desember 2021 | 23.01 WIB Last Updated 2022-01-03T01:29:29Z

Cara Menghidupkan Android Mati Total Akibat Tombol Power Rusak
Ilustrasi Tombol Power Android

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai Cara Mengatasi Icon Headset Tidak Mau Hilang di Notifikasi Bar Android. Masih terkait seputar permasalahan android, kali ini saya akan membahas mengenai cara menghidupkan android yang mati total akibat tombol power rusak. Tombol power merupakan tombol utama untuk menghidupkan dan mematikan handphone. Saking seringnya menggunakan tombol power, maka tombol ini sangat rentan sekali dengan kerusakan. Maka dari itu, apabila tombol power ini rusak, maka anda tidak dapat menyalakan dan mematikan handphone sebagaimana mestinya.


Sebetulnya masalah tombol power yang rusak tidak terlalu bermasalah ketika handphone yang kita miliki dalam keadaan hidup serta memiliki fasilitas finger print atau sensor yang lain. Kita masih dapat menghidupkan handphone android kita dengan menggunakan finger print atau sensor yang lain asalkan handphone tidak dalam kondisi mati total akibat kehabisan baterai. Jika sudah terlanjur handphone mati total karena kehabisan daya tersebut, maka fitur fingerprint dan sensor tidak dapat digunakan untuk menyalakan android yang mati total tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Cara menghidupkan hp yang mati total tanpa tombol power

 

Cara Pertama

Jika handphone anda dalam keadaan mati total dan ingin mengecek apakah masih dapat berfungsi atau tidak maka anda bisa gunakan cara dibawah ini. Cara ini membutuhkan charger untuk mengecek apakah perangkat android tersebut masih bereaksi atau menunjukkan tanda tanda hidup atau sudah dalam kondisi mati total. Beginilah cara menghidupkan hp jika tombol power rusak.

Caranya:

  • Hubungkan handphone dengan pengisi daya atau charger
  • Selanjutnya tekan volume atas atau bawah selama beberapa detik sampai muncul menu recovery atau reboot
  • Ketika sudah masuk menu recovery maka anda dapat menunggunya sampai perangkat android menyala dengan sendirinya
  • Diamkan hp sampai masuk ke menu reboot
  • Dan secara otomatis setelah menunggu beberapa menit maka hp akan otomatis merestart sendiri dan akhirnya menyala secara normal

 

Setiap hp memiliki menu recovery yang berbeda beda tergantung dengan sistem yang berjalan pada masing-masing perangkat. Ada beberapa jenis hp yang menekan tombol volume atas, namun ada juga yang menggunakan tombol volume bawah untuk mengaktifkannya.

Anda dapat memilih dalam menu recovery tersebut dengan menekan tombol volume keatas untuk memilih atas begitu pula sebaliknya. Namun, anda juga harus menunggu beberapa saat, karena untuk menekan pilihan “OK”  anda harus menggunakan tombol power. Karena tombol power handphone tersebut rusak, maka diamkanlah pada opsi tersebut selama beberapa menit sampai hp merestart secara otomatis.

Cara Kedua

Cara menghidupkan hp android tanpa tombol power menggunakan ADB atau USB Debugging

Jika cara pertama tidak berhasil untuk menghidupkan hp android, cobalah cara berikut ini dengan menggunakan bantuan ADB (Android Debug Bridge). Mungkin cara ini sedikit sulit karena harus menginstall aplikasi di PC dengan software tertentu.

Namun cara inilah yang paling sering digunakan oleh jasa service untuk memperbaiki hp konsumen yang rusak. Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Instal terlebih dahulu software “Android Studio” dan juga “SDK Tools” anda dapat mencarinya di google untuk aplikasi ini.
  • Jika sudah di install, buka menu direktori dimana anda menginstall ADB kemudian buka command prompt dan arahkan ke lokasi masing masing di direktori ADB
  • Sekarang anda dapat menghubungkan HP android ke sistem komputer menggunakan kabel USB.
  • Jika sudah, masukkan perintah “adb devices” pada command prompt. Sebelumnya usahakan untuk mengaktifkan USB debugging.
  • Setelah itu akan muncul ID dan nama perangkat hp android yang anda miliki.
  • Catat ID perangkat yang tertera
  • Kemudian masukkan perintah “adb –s<device ID> reboot”
  • Selanjutnya masukkan perintah “adb reboot”
  • Secara otomatis hp akan hidup dengan sendirinya.

Cara Menghidupkan Android Mati Total Akibat Tombol Power Rusak

Perintah “adb –s<device ID> reboot” diatas ini hanya untuk mengaktifkan perangkat mana yang selanjutnya diberikan perintah.

 

Menggunakan Aplikasi Screen On Off

Jika tombol power rusak, maka anda menggantinya dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama Screen Off and Lock yang berfungsi untuk mematikan hp masuk kedalam mode sleep.

Cara Menghidupkan Android Mati Total Akibat Tombol Power Rusak

Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat menghidupkan handphone yang masuk kedalam mode sleep dengan hanya menekan/tap 2x pada layar dan otomatis hp akan hidup seperti dengan menggunakan tombol power. Aplikasi alternatif ini dapat anda unduh secara gratis di Google Play Store.


Akhir Kata

Ketiga cara yang telah saya paparkan untuk Menghidupkan Android Mati Total Akibat Tombol Power Rusak diatas mungkin dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan android karena tombol power rusak. Apabila ketiga cara tersebut masih belum dapat mengatasi permasalahan android yang disebabkan oleh kerusakan tombol power, saya sarankan agar anda membawa handphone android kesayangan anda ke Service Center atau Jasa Service Handphone terdekat.