Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengatasi Speaker Handphone Rusak Terkena Air

Minggu, 19 Desember 2021 | 19.40 WIB Last Updated 2022-01-03T01:38:26Z
Mengatasi Speaker Handphone Rusak Terkena Air
Ilustrasi Speaker Handphone Rusak

 
Pada musim penghujan seperti sekarang ini tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kehujanan. Ya, indonesia dengan negara beriklim tropis pasti akan mengalami musim hujan satu tahun sekali. Pada saat musim hujan, tentu perlu kehati-hatian dalam beraktivitas terutama ketika berhubungan dengan alat elektronik. Salah satu alat elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari yaitu perangkat handphone.
 
Semakin berkembangnya teknologi, semakin canggih pula kemampuan handphone saat ini yang diberi julukan sebagai smartphone. Smartphone bahkan sekarang telah menggantikan fungsi laptop yang dulu digunakan sebagai penunjang aktivitas seperti sekolah, kuliah, bahkan bekerja. Sekarang, cukup dengan handphone saja seluruh data dapat diakses dengan mudah dalam genggaman.
 

Bagi para pengguna smartphone, perlu kewaspadaan dan kehati-hatian di musim penghujan seperti sekarang ini. Pasalnya, tidak sedikit dari para pengguna handphone yang  mengeluhkan hanphone mereka bermasalah karena masalah sepele, yaitu terkena air. Salah satu masalah yang paling sering dialami yaitu speaker handphone tidak berfungsi sebagaimana mestinya, suaranya menjadi sember dsb yang disebabkan oleh air. Namun anda tidak perlu khawatir, seperti halnya Cara Memperbaiki Baterai Android yang Rusak yang dapat anda perbaiki sendiri, cara ini pun sama. Simak pemaparan berikut untuk mengatasi speaker handphone rusak terkena air.

Cara Mengatasi Speaker Handphone Rusak Terkena Air


1. Putar Suara Lewat Youtube


Jika speaker hp kamu rusak akibat kemasukan air, jangan cepat - cepat membawanya ke tempat service. Coba kamu lihat video youtube saya dibawah ini :


Dengan melihat video youtube saya tersebut, secara tidak langsung sudah menjadi cara mengeluarkan air dari speaker hp kamu.

Mengapa demikian ? Sebab memutar suara pembersih speaker hp pada video youtube saya tersebut akan mengeluarkan sisa - sisa air yang ada di dalam speaker hp.

2. Gunakan Aplikasi Pembersih Speaker


Selain dengan youtube, kamu juga bisa aplikasi untuk mengatasi speaker hp kena air. Konsep aplikasi ini juga sama dengan cara yang pertama, dimana kamu bisa mengeluarkan air dengan membunyikan speaker pada frekuensi tertentu.

Ada banyak aplikasi yang menjadi alat pembersih speaker hp tersebut, misalnya saja seperti Speaker Cleaner atau Speaker Cleaner dari LuxDelux.

Dan yang pasti kamu bisa mengunduh aplikasi pembersih speaker hp tersebut secara gratis di google playstore.

3. Jemur HP


Menjemur hp juga bisa menjadi cara lain untuk memperbaiki speaker hp android yang rusak akibat kena air.

Namun sebelum kalian menjemur hp ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dahulu, misalnya saja seperti :

Cari tempat yang panas namum jangan langsung di bawah terik matahari.

Selain itu, buka casing hp kalian dan lepas baterai agar air keluar dan speaker bisa mengering.

Namun jika hp kalian adalah hp baterai tanam, gunakan cara ke empat untuk menghilangkan air pada hp baterai tanam.

4. Masukan Ke Dalam Beras


Cara mengatasi speaker hp kena air menggunakan beras adalah cara terampuh, menurut saya.

Mengapa demikian ? Sebab dengan menggunakan beras, kamu bisa menghilangkan air pada hp android dengan baterai tanam ataupun baterai removeble.

Metodenya juga sangat mudah, kamu hanya perlu melepas casing hp lalu rendam ke dalam beras hp kamu tersebut.

Pastikan hp android kamu tersebut terendam beras semua ya ..

Setelah itu diamkan selama semalam, dengan begitu speaker akan mengiring setelah akan kamu pasangkan kembali.
 

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi speaker hp yang rusak akibat terkena air. Sebenarnya masih ada cara yang lebih lanjut jika speaker hp kamu rusak, misalnya saja dengan mengganti speaker hp android yang tentu harus mengeluarkan biaya. Namun, dengan mencoba beberapa tips di atas tidak ada salahnya.