Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Andoid dan IOS

Sabtu, 01 Januari 2022 | 21.59 WIB Last Updated 2022-01-02T07:26:54Z

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Andoid dan IOS
Ilustrasi Sim Card Tidak Terbaca

 

Jika sebelumnya saya pernah membahas mengenai masalah tidak dapat menginstal aplikasi android di windows 11, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi sim card tidak terbaca di android dan IOS. Sim card atau kartu sim merupakan sebuah chip yang berukuran kecil namun memiliki kemampuan yang canggih untuk menerima suatu jaringan nirkabel. Tanpa sim card, gadget atau perangkat canggih seperti android dan IOS tentu tidak dapat melakukan komunikasi data seperti Telpon, SMS, Koneksi Internet, dsb. Saking kecilnya sim card ini, tidak jarang dari kita semua yang menganggap bahwa sim card tidak butuh perawatan. Terlihat sepele namun ketika sim card tersebut rusak, maka aktifitas anda pasti akan terganggu karena suatu fungsi yang seharusnya bisa dilakukan oleh sim card tersebut bermasalah.

 

Penyebab Sim Card Tidak Terbaca di Android dan IOS

Masalah pada sim card pada umumnya disebabkan oleh aktifitas pengguna itu sendiri seperti:

  1. Usia sim card sudah lama
  2. Sering melepas dan memasangkan sim card
  3. Sering berganti slot sim card
  4. Tidak pernah membersihkan kuningan pada sim card sehingga menyebabkan konektor sim card tersebut menjadi kotor.


Merujuk pada ketiga penyebab masalah sim card tersebut biasanya masalah yang ditimbulkan yaitu sim card menjadi tidak terbaca baik pada perangkat android maupun ios yang ditandai dengan munculnya pemberitahuan "No Sim Card" atau "Tidak Ada Kartu Sim yang Dipasangkan". Jika anda pernah mengalami kondisi demikian, simak tips berikut ini untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Andoid dan IOS

 

1. Bersihkan SIM Card

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan kartu SIM. 

Buka dan lepaskan SIM card dari slot-nya, kemudian bersihkan dari debu-debu mikro yang menempel menggunakan cotton bud atau bisa juga dengan menggunakan bantuan penghapus dan menggosokannya ke kuningan kartu SIM dengan perlahan.

Setelah itu anda bisa mengaktifkan kembali smartphone dan tunggu hingga SIM card memberikan respon berupa terhubung ke jaringan seluler.

 

2. Matikan Smartphone dan Coba SIM Card Lain

Jika masih belum berhasil, anda dapat mencoba menggunakan SIM card lain pada smartphone yang anda gunakan. Lakukan juga hal yang sama pada SIM card yang anda miliki dengan memasangkannya di HP lain.

Jika ternyata kartu SIM lain yang digunakan pada HP milikmu berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada SIM card anda Begitupun juga sebaliknya.

Cara ini adalah yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui sumber kerusakan.

 

3. Atur Ulang Jaringan

Ada kemungkinan jika slot SIM card 2 tidak terdeteksi tapi SIM card 1 berfungsi dengan baik, bisa jadi masalah datang dari operator selular yang sedang error sehingga SIM card tidak bisa berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengatur ulang jaringan di smartphone. Namun jika tidak bisa di-setting secara otomatis, anda dapat mengatur ulang secara manual melalui menu Settings > Network & Internet > Mobile network > Access Point Names.

Di sini anda tinggal mengatur settingan APN sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

 

4. Factory Reset Android

Jika masalah kartu SIM tidak terbaca masih belum teratasi, anda dapat melakukan factory reset Android untuk mengembalikan smartphone ke kondisi semula seperti baru.

Tapi ada satu hal yang harus anda perhatikan, jika melakukan trik ini anda harus melakukan proses back up terhadap data-data penting terlebih dulu. Hal ini karena segala pengaturan, termasuk akun dan aplikasi akan ikut terhapus ketika anda melakukan factory reset.

 

5. Konsultasi ke Customer Service

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mendatangi atau menghubungi customer service operator seluler yang digunakan.

Ini merupakan opsi paling akhir, termasuk bagi anda yang tidak ingin risiko lebih buruk terjadi pada SIM card. Karena dengan cara seperti ini anda dapat mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya.

Selain itu, jika SIM card yang anda gunakan ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi, customer service biasanya akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM.