Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Menghemat Kuota Youtube

Jumat, 07 Januari 2022 | 22.47 WIB Last Updated 2022-01-07T17:17:20Z
Cara Menghemat Kuota Youtube
Ilustrasi Youtube

Pada saat ini tidak sedikit dari kita semua yang mengisi waktu luang dengan menonton video di youtube. Beragam konten yang ditawarkan dan disediakan oleh youtube membuat raksasa digital ini menjadi aplikasi streaming video terpopuler di dunia. Dari mulai dewasa, remaja, bahkan anak-anak semuanya menyukai untuk menonton youtube. Ya, youtube nampaknya telah menyediakan segalanya tidak berbatas usia. Namun ada kalanya karena kita saking asyiknya menonton youtube, secara tidak sadar kuota internet yang kita miliki habis begitu saja. Tidak mengherankan, karena penggunaan data internet untuk aktifitas menonton video pasti membutuhkan data yang besar. 

Sebetulnya, youtube telah menyediakan fitur pengingat kapan bagi user untuk berhenti menonton, tapi nampaknya hanya sebagian saja yang menggunakan fitur ini, selebihnya user sendiri yang mengatur kapan akan berhenti untuk menonton. Fitur lain yang disediakan youtube saat ini yaitu fitur untuk mengatur kualitas video yang digunakan pada saat menonton, namun sekali lagi tampaknya hanya sebagian orang saja yang menggunakan fitur ini. Padahal, fitur ini sangat bermanfaat bagi anda yang hoby menonton youtube karena dapat menghemat kuota internet yang kita gunakan.
 
Jika anda pernah bahkan sering mengalami smartphone boros kuota karena menonton youtube, berikut tips untuk mengatasinya.
 
Ketika sedang menonton video di aplikasi youtube, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan layar.
  1. Klik pilihan "Quality". Di sini ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pilihan default biasanya adalah "Auto" yang akan menampilkan kualitas video sesuai kecepatan koneksi internet pengguna, akan tetapi akan menghabiskan banyak kuota untuk menonton video.
  2. Untuk menghemat pemakaian data, pilih opsi "Data saver" yang akan menyajikan gambar berkualitas lebih rendah, akan tetapi lebih irit kuota.
  3. Anda juga dapat memilih opsi "Advanced" untuk memilih sendiri tingkat resolusi yang diinginkan. Semakin rendah, maka kualitasnya semakin menurun, namun konsumsi datanya semakin sedikit pula.

Selain melalui video yang sedang ditonton, Anda juga dapat mengatur preferensi (pengaturan) kualitas video melalui menu pengaturan aplikasi youtube "Video quality preferences":
  1. Buka laman beranda aplikasi YouTube.
  2. Klik ikon profil yang ditandai foto pengguna di pojok kanan atas layar.
  3. Klik "Settings", kemudian pilih "Video Quality Preferences".
  4. Disini pengguna dapat memilih preferensi kualitas video berdasarkan jenis sambungan internet. Misalnya, pengguna dapat memilih untuk hemat kuota saat menggunakan internet seluler, serta menonton video dengan kualitas lebih tinggi ketika tersambung ke jaringan Wi-Fi.
 
Kedua cara tersebut dapat digunakan oleh seluruh perangkat yang mendukung aplikasi youtube seperti handphone, laptop, tablet, ataupun smart tv. Namun sekali lagi, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam mengatur tingkat kualitas video yang digunakan.

Akhir Kata

Meskipun bagi beberapa pengguna merasa terganggu dengan kualitas video yang lebih rendah ketika menghindari borosnya kuota saat menonton youtube, namun bagi sebagian orang cara ini adalah cara yang paling efektif untuk menghemat kuota ketika menonton youtube. Secara dimensi handphone yang digunakan, kualitas video dengan kondisi rendah sebetulnya tidak begitu buruk karena ukuran layar yang kecil, berbeda jika kualitas video rendah tersebut digunakan pada perangkat Tab, Laptop, atau Smart TV, karena resolusi layarnya besar maka jika menggunakan kualitas rendah maka akan sangat tidak nyaman untuk dilihat.