Notification

×

Menghargai Pengunjung Blog

25 August 2010 | 19:19 WIB Last Updated 2021-09-01T15:27:28Z
Menghargai Pengunjung Blog, sudahkah? berjalan kesana kemari mencari info dan traffic mungkin hal yang lazim dilakukan oleh blogger. membalas kunjungan blogger yang satu dan yang lainnya adalah satu keharusan, saling follow satu sama lain juga mempererat tali silaturahim sesama blogger serta bertukar link demi eksisnya blog dimata search engine (google and other). menghargai adalah hal yang sangat penting bagi kita, karena menghargai orang lain = menghargai diri kita sendiri, dalam dunia blogging pun sama, hal ini patut dilakukan dan dipraktikan.
Bagaimanakah cara menghargai dalam dunia blogging? Blogging identik dengan pengunjung dan pengunjung adalah tamu yang sangat diharapkan hadir dalam blog kita, dengan banyaknya pengunjung/tamu, semakin baik pula traffic/pengenalan blog kita dimata search engine. Berkaitan dengan pengunjung tersebut, pasti ada hal yang berkesan dan hal yang membuat bosan, apakah itu? Jawabannya adalah menghargai pengunjung blog.
Menghargai pengunjung blog, termasuk kategori yang penting yang perlu kita perhatikan. pandangan sobat semua pasti berbeda dengan saya mengenai bagaimana cara menghargai pengunjung blog yang datang mampir ke blog kita. dengan menghargai, blog kita semua akan lebih disegani karena pengunjung merasa disegani dan dihargai dan diberikan fasilitas yang membuat pengunjung tersebut betah berlama-lama mampir di blog kita. Bentuk penghargaan itu sebetulnya hanya sederhana saja, tidak perlu hal yang sekiranya sulit bahkan rumit untuk dipraktikkan.
Beberapa cara menghargai pengunjung blog diantaranya adalah :
Loading blog yang ringan/cepat
Memberikan fasilitas ini merupakan jalan utama menuju kesuksesan blog sobat semua, kenapa? saya pernah mengalami sendiri, berkunjung ke blog yang bagus (menurut saya) design menarik, artikelnya juga bagus dan sesuai dengan yang saya cari, namun sangat disayangkan untuk membuka blog ini membutuhkan waktu 3 menit padahal saya menggunakan akses internet speedy, dan ketika saya berfikir lagi seandainya blog ini memiliki loading yang cepat, maka isi yang menarik dan designnya yang bagus tersebut dapat menarik pengunjung betah mampir di blog tersebut.

Membuat artikel yang originaly post/artikel karya sendiri bukan copy paste
Membuat artikel yang original/karya sendiri dapat membuat pengunjung merasa berkesan, karena pengalaman saya sendiri ketika googling dengan keyword "Cara Mendapatkan 1000 Pengunjung Perhari" tenyata semua blog yang memuat artikel tersebut isinya sama, paragrafnya sama dan tak ada yang membedakan artikel yang satu dengan yang lainnya. usahakan berdasarkan pengalaman sendiri yang sudah terbuktikan.

Menyediakan buku tamu/shoutbox
Menyediakan buku tamu, seperti yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya  "Memasang Buku Tamu di Blog" bahwa menyediakan buku tamu adalah hal yang terbilang penting, begitupun teman-teman blogger semua yang mengomentari artikel tersebut. buku tamu pun berguna sebagai media silaturahim baik sesama blogger maupun pengunjung blog.

Mengatasi permasalahan pada kotak komentar
Mengatasi permasalahan pada kotak komentar. nah ini yang menarik, pernah saya alami sendiri membaca artikel yang menarik, namun artikel tersbut ternyata ada yang janggal (terdapat kesalahan) dan kesalahan itu saya tahu bagaimana kebenarannya, lalu saya menulis hal tersebut dengan cara berkomentar, ketika komentar dipublish muncul verifikasi kata namun form untuk mengisi verifikasi kata tidak muncul, dan akibatnya gagal dech berkomentar, selain itu buku tamu tidak disediakan pula oleh admin blognya, huft...
dan untuk memperbaiki hal ini, coba sobat semua periksa apakah baik-baik saja kotak komentarnya.

Menyediakan kontak admin baik yahoo messenger, facebook atau twitter dsb.
Dengan menyediakan kontak admin yahoo messenger, facebook atau twitter adalah jembatan bagi penunjung yang ingin bertanya secara langsung mengenai permasalahan yang mereka (pengunjung) dapatkan, pengalaman saya pribadi bahwa sejauh manapun kita menulis artikel pasti ada hal yang tidak dapat dipahami oleh pengunjung/pembaca apalagi yang berkaitan dengan tutorial atau tips dan trik, dan untuk menghindari hal itu maka sediakanlah kontak admin seperti yahoo messenger (YM), facebook atau twitter, namun yang kebanyakan dipakai adalah yahoo messenger (YM), dengan selalu online, pengunjung tidak akan kesulitan menghubungi admin blog tersebut.

Membalas komentar pengunjung
Membalas komentar pengunjung dengan bijak, apabila ada permasalahan, jawablah dengan lengkap dan berusaha agar permasalahan itu terjawab. 

Tidak berlebihan dalam design blog
Design blog memang harus menarik, dengan tampilan yang menarik, rapi dan tidak mengganggu pandangan itu adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghargai pengunjung, semakin nyaman pula pengunjung membaca artikel/postingan yang ada di blog kita

Memasang adsense/iklan seperlunya
Pasanglah iklan/adsense seperlunya dan jangan berlebihan. hal ini justru membuat pengunjung blog merasa risih karena bukan artikel yang berkualitas yang diutamakan, melainkan iklan/adsense. ketika saya survey ke beberapa teman blogger saya, bahwa memasang iklan melayang dapat membuat pengunjung merasa malas berkunjung, karena disambut dengan iklan - iklan yang belum tentu pengunjung mengerti, bahkan ada salah satu blogger yang iklan melayangnya itu tombol closenya dihilangkan, jadi ketika kita ingin menutup iklan melayang tersebut harus klik salah satu iklan/adsense (SUNGGUH TERLALU). semoga bisa dipahami mengenai hal ini.

Menerima dengan lapang dada kritikan, saran bahkan hal yang berbau negatif (ejekan)
Menerima dengan lapang dada akan kritikan, saran bahkan ejekan (hal yang berbau negatif), saya sendiri mengalami hal itu dan tetaplah tersenyum membalas hal itu, karena dengan senyum tersebut sobat semua sudah menghargai pengunjung blog kita.

Nah sobat semua, beberapa kategori menghargai pengunjung blog yang berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan saya terapkan di blog ini. apabila ada kekurangan  dan ingin menambahkan mohon untuk mengungkapkan dalam komentar.

----Semoga Bermanfaat----
×